Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Makanan Peningkat Kesuburan?

Kompas.com - 27/01/2012, 15:22 WIB

TANYA:
 
Dokter, saya ingin bertanya, apakah benar ada makanan tertentu yang bisa meningkatkan kesuburan? Saya sedang merencanakan pernikahan dan ingin segera hamil, mengingat usia saya sudah 30 tahun. Berapakah peluang kehamilan yang dimiliki wanita berusia di atas 30  tahun? Terima kasih dok.
 
Andini (30), Depok

JAWAB:

Untuk merencanakan hamil bukan hanya makanan saja yang diatur, tetapi juga gaya hidup yang meliputi rutin olah raga dan cukup istirahat. Untuk makanan, ibu mulai dari makanan yang sehat. Terutama cukupi kebutuhan protein misalnya dari jenis ikan laut, cukup karbohidrat, buah dan sayuran. Makanan harus segar, kurangi pengawet, penyedap dan pewarna.

Gaya hidup yang sehat meliputi menghindari rokok, kopi dan alkohol. Demikian pula kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya. Olah raga secara teratur, 2-3 kali seminggu juga cukup dan istirahat tidur 6-8 jam. Yang lebih penting lagi ibu harus senang dan mengerti untuk menjalankannya. Kesempatan hamil pada usia 30 tahun masih normal ( 70-80% ).  Demikian keterangan dari saya, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com