Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Makanan Perusak "Mood"

Kompas.com - 03/02/2012, 14:42 WIB

KOMPAS.com - Baik atau tidaknya suasana hati atau mood seseorang umumnya sangat dipengaruhi oleh faktor stres, pekerjaan dan penyakit. Tetapi jangan salah, bad mood juga dapat terjadi akibat pengaruh dari makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Demikian disampaikan oleh Dr Drew Ramsey, asisten profesor klinis psikiatri dari Columbia University, New York City dan Tyler Graham.  Mereka adalah penulis buku "The Happiness Diet: A Nutritional Prescription for a Sharp Brain, Balanced Mood, and Lean, Energized Body".

Menurut kedua ahli tersebut, makanan tidak hanya memengaruhi lingkar pinggang Anda, tetapi juga dapat merampas sejumlah nutrisi penting di dalam otak dan jenis makanan tertentu yang dapat memengaruhi fisik sehingga memengaruhi  suasana hati :

1. Putih telur

Jika Anda makan telur, jangan ragu untuk juga mengonsumsi kuning telurnya. Banyak orang menyarankan untuk menghindari kuning telur karena tinggi kolesterol. Padahal, di dalam kuning telur terdapat hampir semua nutrisi yang penting yang dibutuhkan tubuh. Di dalam kuning tela terkandung omega-3, vitamin D, B12 dan folat, yang membantu mengatur mood (suasana hati) selain juga meningkatkan kesehatan sel-sel otak. Jadi, jika Anda hanya mengonsumsi puti telurnya saja, berarti Anda telah melewatkan kesempatan untuk mendapatkan nutrisi penting selain juga mendapatkan mood yang baik.

2. Soda

Asupan gula cenderung menjadi sangat tinggi dalam diet masyarakat di zaman modern, dan gula menempati peringkat atas sebagai perusak suasana hati  karena tidak hanya membuat orang menjadi kegemukan atau obesitas, tetapi juga meningkatkan risiko mengalami penyakit mental. Beberapa studi yang menggunakan teknik pencitraan (scan) otak menunjukkan bahwa mereka yang mengalami obesitas dan diabetes terancam mengalami penurunan volume otak. Salah satu minuman mengandung gula yang paling terkenal dan banyak dikonsumsi masyarakat adalah soda. Di Amerika Serikat saja, setiap orang diperkirakan bisa menenggak 600 minuman soda dalam setahun.  Tak heran bila angka penderita obesitas di negeri Paman Sam tinggi.

3. Margarin

Alternatif dari mentega ini dulu pernah memiliki reputasi baik khususnya dalam mempromosikan kesehatan jantung, hingga para ilmuwan menyadari bahwa margarine termasuk salah satu sumber lemak trans - jenis lemak yang buruk bagi jantung. Tidak hanya itu, beberapa riset terbaru kini juga telah menghubungkan antara konsumsi lemak trans dengan depresi. Sebuah studi dari University of Las Palmas de Gran Canaria di Las Palmas, Spanyol, orang-orang yang mengonsumsi lemak trans sekitar berisiko 50 persen  lebih tinggi mengalami depresi.

4. Yogurt kedelai

Obesesi orang Amerika untuk mencari menu alternatif yang lebih sehat seperti menggunakan minyak jagung atau minyak kedelai justru memicu hadirnya makanan-makanan buatan pabrik yang justru tak sehat dan tidak alami. Sebut saja keju tanpa lemak, egg substitutes (pengganti telur  atau yougurt kedelai.  Khusus yogurt kedelai, mungkin dianggap sebagian orang punya manfaat lebih baik karena sumbernya bukan dari lemak hewani. Tetapi perlu diingat, yogurt kedelai itu tinggi kandungan asam lemak omega-6, yang dapat menghambat mood. Kenapa bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan bahwa otak manusia terbuat dari lemak dan sejumlah riset telah menunjukkan, konsumsi lemak yang tidak tepat mungkin akan mendorong seseorang untuk menderita gangguan mood. Yang lebih parah lagi,  yoghurt keledai juga kerap disajikan sarat dengan gula.

5. Sayuran berpestisida

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat oleh Environmental Working Group menemukan setidaknya ada 57 jenis pestisida berbeda pada tanaman seledri non organik. Menurut Pesticide Action Network, sedikitnya ada 12 jenis pestisida neurotoksin yang terkandung pada tanaman non organik. Pestisida neurotoksin memang berbahaya karena dapat meracuni otak. Intinya, apa pun yang beracun bagi otak, juga dapat meracuni mood. Neurotoksin sendiri telah dikaitkan dengan peningkatan risiko tertekan pada diri.

6. Smoothie

Smoothie adalah jenis minuman yang dibuat dari campuran beberapa jenis buah segar yang diblender. Minuman ini sepertinya menyehatkan. Namun Anda harus lebih pintar memilih jus buah dan smoothie, karena bisa menjadi sumber tersembunyi dari gula. Sebotol smoothie dengan kandungan gula yang sangat tinggi dapat membuat pinggang melebar. Meski mengandung beberapa vitamin, tapi kandungan gula yang tinggi memiliki peran cukup vital dalam mencetuskan obesitas, diabetes dan depresi.

7. Sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS)

HFCS mengandung sekitar 55 persen fruktosa, yang dapat memicu kenaikan berat badan bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Ingat, apapun yang membuat lingkar pinggang Anda membesar punya efek berlawanan terhadap otak, di mana meningkatkan risiko depresi dan gangguan suasana hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com