Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Desainer Muda Siap Berbisnis di IFW

Kompas.com - 03/02/2012, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Ajang fashion week semestinya memang mempertemukan penggiat mode bukan sekadar untuk menikmati fashion show, namun juga berbisnis. Inilah yang ingin dihadirkan Indonesia Fashion Week (IFW) yang digelar untuk kali pertama pada 23-26 Februari 2012 di Jakarta Convention Center. IFW menjaring peserta dari berbagai kalangan, mulai desainer hingga penggiat fashion skala UKM. Desainer muda tak ketinggalan ambil bagian untuk praktik bisnis fashion melalui ajang ini, seperti yang dilakukan 14 alumni sekolah mode Susan Budihardjo.

"Ada 14 desainer alumni 1-2 tahun lalu, yang saya nilai siap untuk produksi dan mereka akan praktik bisnis fashion melalui IFW," jelas desainer berpengalaman 30 tahun dan pemilik sekolah mode, Susan Budihardjo saat bincang-bincang bersama Kompas Female di sekolah mode miliknya di Cikini, Jakarta, Kamis (2/2/2012) lalu.

Susan menyeleksi 14 dari 24 kandidat alumni sekolah mode miliknya, untuk terlibat dalam IFW, yang dianggapnya mampu memenuhi kebutuhan fashion week. "Desainer muda antusias untuk mengembangkan sayapnya melalui fashion week, namun juga mereka harus siap mencipta baju untuk dipesan memenuhi kebutuhan pasar yang besar," jelas Susan.

Nantinya, ke-14 desainer muda ini akan bergabung dalam satu booth, masing-masing menampilkan lima karya. Tak sekadar karya yang harus dipersiapkan dalam fashion week, namun Susan mendorong desainer usia 19-20 tahun ini untuk siap menerima pesanan baik ritel maupun dalam jumlah banyak (grosir), dan melayani kebutuhan buyer lokal yang akan datang ke IFW.

"Saat buyer datang mereka harus siap, dan menjual dengan harga wholesale dan retail," saran Susan, menambahkan setiap desainer memiliki garis rancang yang khas dan mewakili karakter masing-masing namun dalam berbisnis mereka dituntut memiliki kesiapan yang sama.

Kesiapan desainer untuk berbisnis di dalam fashion week di antaranya diwujudkan dengan menyiapkan katalog, label, contoh bahan dan sizing. Melalui 14 desainer muda ini, Susan ingin memberikan pemahaman kepada pelaku bisnis fashion bagaimana seharusnya desainer mempersiapkan diri di ajang pekan mode yang sesungguhnya.

Seperti apa cara desainer muda ini berbisnis? Anda bisa membuktikan sendiri di kegiatan empat hari Indonesia Fashion Week yang terbuka untuk semua kalangan, terutama penikmat fashion Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com