Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Gampang Menakar Kebutuhan Kalori

Kompas.com - 17/02/2012, 09:28 WIB

KOMPAS.com -  Setiap orang membutuhkan energi untuk bergerak, dan energi ini didapatkan dari kalori makanan yang masuk ke dalam tubuh. Namun, kebutuhan kalori setiap orang berbeda tergantung dari jenis kelamin, usia, serta aktivitas hariannya. Kaum perempuan rata-rata membutuhkan kalori sekitar 1500-1800 per hari. Ketika sedang berdiet, asupan kalori ini bisa dikurangi menjadi sekitar 1300 kalori per hari, tergantung dari kebutuhan tubuh. Jika tubuh kekurangan asupan kalori, metabolisme dalam tubuh akan terganggu, dan membuat tubuh menjadi lemas dan tak bertenaga.

Jumlah kalori total ini dibagi dalam tiga kali makan dalam sehari. Namun, orang awam seperti kita pasti akan sulit menakar asupan kalori untuk tiga kali makan.  Untuk mempermudahnya, Anda bisa mencatat jenis dan jumlah makanan yang disantap selama seminggu.

"Tak perlu menakar berat makanan satu per satu, misalnya nasi harus 100 gram, tapi biasakan saja dengan makan hanya dua sendok nasi, dua potong ikan, dan takaran lainnya yang lebih mudah," ujar dr Samuel Oetoro, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, kepada Kompas Female, dalam acara Branding dan Promosi Buah Nusantara di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2012) lalu.

Pemantauan ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan kalori Anda yang seimbang. Sebelum melakukan pemantauan ini, jangan lupa menimbang berat badan awal. Seminggu kemudian setelah pemantauan, timbang kembali berat badan akhir. Jika berat badan tetap berada pada angka yang sama, berarti jumlah dan jenis makanan yang disantap sudah sesuai kebutuhan tubuh. Apabila berat badan bertambah setelah penimbangan akhir, berarti ada kelebihan kalori dalam makanan yang dikonsumsi. Jika berat badan tubuh naik sebanyak 1 kg, berarti Anda kelebihan 1000 kalori asupan makanan, dan ketika berat badan berkurang 1 kg maka asupan kalori yang masuk ke tubuh kekurangan 1000 kalori.

Karena itu bila berat badan bertambah, untuk jangka waktu seminggu ke depan sebaiknya kurangi sedikit porsi makanan yang disantap. Namun jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya jangan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh terlalu drastis, karena sistem metabolisme tubuh akan mengalami kekacauan. Sebaliknya jika Anda ingin meningkatkan berat badan, tambahkan sedikit demi sedikit asupan makan agar kalorinya meningkat dan metabolisme kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com