Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langsing dengan Senam Hula Hup

Kompas.com - 24/02/2012, 16:34 WIB

KOMPAS.com - Hula hup mungkin lebih sering dimainkan oleh anak-anak. Namun tak ada salahnya Anda rutin mengayunkannya untuk mengikis timbunan lemak, terutama di area perut.

Menurut penelitian yang dirilis oleh American College of Sport Medicine (ACSM), energi yang dikeluarkan untuk mengayunkan hula hup setara dengan berjalan kaki 4-4,5 mil per jam.

Penelitian dilakukan terhadap 16 wanita berusia 16-59 tahun yang secara rutin mengikuti kelas senam hula hup. Para peneliti mengukur konsumsi oksigen, detak jantung, dan tenaga yang dikeluarkan setelah berlatih selama 30 menit.

Hasilnya diketahui bahwa detak jantung rata-rata para peserta kelas itu sekitar 151 beat per menit dan kalori yang dikeluarkan setara dengan 210 kalori. Total energi yang dikeluarkan, menurut para peneliti sebenarnya sudah cukup untuk menjaga berat badan.

Agar senam hula hup lebih efektif, Anda dapat mengombinasikannya dengan latihan aerobik lain seperti jogging atau bersepeda. Kegiatan bermain hula hup ini juga bisa dijadikan cara untuk mengurangi waktu duduk Anda. Misalnya, daripada duduk diam menonton televisi, lebih baik nikmati acara televisi sambil bergoyang hula hup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com