Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Strategi Sony Merebut Pasar

Kompas.com - 28/02/2012, 19:06 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Sony Mobile Communications memiliki strategi baru. Perusahaan ini tidak meluncurkan ponsel yang "dahsyat" di Mobile World Congress, Barcelona, seperti dilakukan beberapa produsen lain, namun justru memperkenalkan produk-produk untuk pasar yang lebih luas dan masuk ke pasar ponsel dengan harga terjangkau.

Apakah strategi itu akan berhasil? Waktu akan membuktikannya, mengingat produsen-produsen lain juga punya strategi. Namun yang pasti jajaran eksekutif Sony bertekad untuk mewujudkan mimpi ini dengan senjata-senjata andalannya.

Dengan kepemilikan penuh atas Sony -- setelah berpisah dengan Ericsson dengan membeli seluruh saham Sony Ericsson -- eksekutif Sony mengaku siap melakukan kampanye besar terutama dalam hal pemasaran, untuk menghadirkan ponsel Sony di genggaman setiap orang.

Steve Walker, direktur pemasaran Sony, dalam rangkaian acara Mobile World Congress di Barcelona, Minggu (26/2/2012), mengatakan, "Kami akan menyediakan dana besar untuk mengkampanyekan ponsel Xperia NXT, jauh lebih besar daripada gabungan dana kampanye yang pernah dikucurkan Sony untuk produk-produk mobile lainnya."

Indikasi pemasaran agresif ini barangkali tercermin saat Sony mengkampanyekan perangkat game PlayStation Vita.

The New York Times dalam laporannya mengutip Sony yang berencana menghabiskan 50 juta dollar AS untuk pemasaran Vita PlayStation di AS. Angka sebesar itu hanya digunakan untuk memasarkan satu produk. Maka bisa dibayangkan sebesar apa jika Sony mengkampanyekan keluarga ponsel Xperia NXT-nya secara global.

Selain kampanye besar-besaran, seperti telah disebut di atas, Sony juga memperluas pangsa pasarnya dengan hadir di pasar menengah dan bawah.

Bisa disebutkan bahwa ponsel Xperia S yang kini dipasarkan adalah produk untuk pasar high end. Di pasar medium, Sony menghadirkan Xperia P, sementara untuk bersaing di pasar yang lebih rendah, Sony mengandalkan smartphone Xperia U.

Strategi masuk ke semua pasar itu rupanya menjadi tren saat ini. Banyak produsen memperluas jajaran produknya dari low-end hingga high-end karena pasar smartphone sudah menjadi pasar massal. Sebagian besar produsen merasa tak lagi bisa mengandalkan satu produk super, dan melupakan pasar lainnya.

Walker mengatakan bahwa masing-masing produk Sony yang baru diperkenalkan akan memiliki ciri atau kepribadian khusus dan harga berbeda sesuai dengan target pasarnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com