Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Rambut Menjadi Aksesori Alami

Kompas.com - 08/03/2012, 14:25 WIB

KOMPAS.com - Di awal 2012, L'Oreal Professionnel mengenalkan kreasi Parisian House of Hairdressing, memberi ruang untuk hairdresser menaikkan level tata rambut dengan kreativitas tanpa batas. Alhasil, lahirlah inspirasi penataan rambut bergaya couture dengan memaksimalkan rambut sebagai aksesori alami perempuan.

Hairdresser Peter Gray merealisasikan inspirasi tata rambut couture melalui tiga kreasi. Ia tak bekerja sendirian untuk menciptakan inspirasi tata rambut dari Paris untuk dunia. Odile Gilbert yang berpengalaman lebih dari 35 tahun dalam penataan rambut, memperkaya kreasi tata rambut dengan membuat hairpieces dari rambut, bunga, dan bulu buatan tangan. Sedangkan untuk pewarnaan rambut, Chris William, ahli pewarnaan rambut internasional dari Rush Hair, Inggris turut andil dalam penempatan dan pemilhan warna, termasuk teknik pewarnaan.

Tiga kreasi couture dari L'Oreal Professionnel merupakan simbolisasi dari perempuan elegan dan feminin dengan rambut panjang menggunakan teknik gradasi warna yang halus, penampilan yang unik, klasik dan mewah, selain juga melambangkan kemewahan. Melalui kreasi terbarunya ini, L'Oreal Professionnel menyampaikan pesan bahwa tata rambut tak lepas dari dunia mode juga make-up. Kreasi Parisian House of Hairdressing selaras dengan garis rancang busana haute couture yang menekankan pada detil dan kesempurnaan.

"Rambut bak kain yang menjadi mahakarya tak ternilai. Dengan kekayaan detil dalam kreasi warna, penataan, dan tektur, rambut menjadi aksesori alami bagi perempuan. Ditambah lagi dengan kesederhanaan make-up yang mewah," jelas Yola Sutjiutomo, Group Product Manager L'Oreal Professionnel Indonesia di sela hairshow bertajuk Somptueux di Atrium Sampoerna Strategic Square Jakarta, Rabu (7/3/2012).

Spring/Summer Color Collection 2012

Kreasi rambut haute couture, Parisian House of Hairdressing, karya Peter Gray menjadi sumber inspirasi penata rambut dunia. Berangkat dari Paris, kreasi ini kemudian diterjemahkan berbeda di setiap negara, termasuk di Indonesia. Penerjemahannya terwujud dalam Spring/Summer Color Collection 2012 bertajuk "Somptueux" yang dalam bahasa Perancis berarti kemewahan.

Untuk menghadirkan Spring/Summer Color Collection 2012 bertajuk "Somptueux", L'Oreal Professionnel Indonesia mengandalkan tiga hairdresser ambassador, yakni: Andy Lie dari Lie Salon Medan; Arie Hidayat dan Bambang Harryono dari Arie & Harry Salon and Bridal Surabaya dan Bali; Irwan Rovani Doke dari Irwan Team Hair Design Jakarta. Andy Lie dipercaya untuk menghadirkan kreasi Lady Organza untuk Spring/Summer Color Collection 2012. Sementara Arie Hidayat dan Bambang Harryono menampilkan kreasi Mademoiselle Popeline. Dan Irwan Rovani Doke hadirkan kreasi Donna Taffetas.

Inspirasi Parisian House of Hairdressing juga diterjemahkan hairdresser dari Education Team L'Oreal Professionnel Indonesia. "Gaya rambut bon era 60-an serta gaya pin-up ala Dita Von Teese menjadi inspirasi kreasinya. Untuk warna yang digunakan dalam tiga tampilan kreasi Somptueux ini di antaranya paduan cool dark brown dengan sentuhan keunguan dan kebiruan; warna dasar dark mahogany contrast dengan highlight brownish; serta warna rambut cool light brown dengan pantulan irridescent gold dan mahogani," jelas Indra Tanudarma, Education Manager L'Oreal Professionnel.

Indra menambahkan, selain dapat menjadi inspirasi bagi hairdresser profesional, tata rambut bergaya couture ini juga bisa diaplikasikan untuk kebutuhan penataan rambut harian. "Kreasi tata rambut couture ini dapat dipakai sehari-hari tanpa aksesori, artinya bisa diaplikasikan sebagai tata rambut ready to wear," jelasnya saat jumpa pers.

Persinggungan tata rambut dan fashion tak hanya terjadi di Paris, namun juga di Jakarta. Jika Peter Gray bekerja sama dengan rumah mode Alexander Mc Queen, Dior, Chanel, Yves Saint Laurent lain lagi dengan hairdresser Indonesia. Untuk menampilkan koleksi tata rambut dan pewarnaan berkonsep haute couture, L'Oreal Indonesia mengandalkan kreasi adibusana perancang muda bertalenta Imelda Kartini dan Hian Tjen.

Brand ambassador
L'Oreal Professionnel Spring/Summer Color Collection Hairshow 2012 tak hanya mengenalkan konsep Parisian House of Hairdressing dan koleksi tata rambut terbaru untuk Spring/Summer. Pada hairshow kali ini, diperkenalkan juga Dewi Sandra sebagai Brand Ambassador L'Oreal Professionnel.

Menurut Dewi, penataan rambut kreasi hairdresser Indonesia tak kalah kreatif. Inspirasi tata rambut juga menjadi penting bagi perempuan. Selain mengandalkan hairdresser, bagi Dewi inspirasi penataan rambut terkini dapat dipelajari perempuan utnuk menciptakan penataan rambut yang menunjang penampilan. "Kita bisa belajar dari berbagai inspirasi terbaru ini untuk diaplikasikan sendiri," tuturnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com