Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Menambah Ukuran Mr.P?

Kompas.com - 28/03/2012, 08:03 WIB

TANYA :

Prof, saya seorang pria berusia 21 tahun. Saya ingin konsultasi, apakah dengan suntik hormon testosteron dapat menambah diameter serta panjang penis saya? Karena bila saya bandingkan dengan teman-teman yang lebih gemuk dari saya, ternyata ukuran penis saya lebih kecil. Saat tidak ereksi cuma 4 cm dan saat ereksi penuh cuma 10 cm. Apakah bila saya suntik hormon testosteron ada efek sampingnya?

(Yoga,21)

 

JAWAB :
 
Pada pria, hormon testosteron antara lain berfungsi untuk perkembangan kelamin, termasuk penis, testis, dan kelenjar kelamin. Fungsi yang lain untuk perkembangan otot, sel darah, dan fungsi kognitif serta kenyamanan hidup. Kalau Anda mengalami kekurangan hormon testosteron, maka perkembangan kelamin Anda terhambat sehingga tidak dalam ukuran dan fungsi yang normal.

Demikian juga dengan fungsi yang lain. Kalau benar ukuran yang Anda sebutkan, itu tergolong kurang dari rata-rata pada umumnya. Saya sarankan Anda mendapatkan pemeriksaan yang benar. Dengan demikian dapat dipastikan apakah benar Anda mengalami hambatan perkembangan kelamin karena hormon testosteron yang kurang. Kalau benar, maka pengobatan testosteron dapat diberikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com