Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2012, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Perempuan punya banyak kebutuhan perawatan tubuh dan kecantikan yang dapat dipenuhi dari jamu. Presiden Direktur produsen jamu PT Njonja Meneer, Dr Charles Saerang menyebutkan dari 300 produk yang dimilikinya, 60 persennya adalah produk untuk perempuan.

Ia menyebutkan, dari puluhan produk jamu tersebut, empat di antaranya memiliki permintaan tinggi, yakni:

1. Jamu bersalin.

"Permintaan untuk jamu bersalin ini tinggi," kata Charles saat temu media di restoran Sari Kuring, Jakarta, Kamis (5/4/2012). Ia menambahkan tahun ini tercatat 700.000 pengonsumsi jamu bersalin. Dengan catatan, jumlah kelahiran per tahun mencapai  sekitar 3 juta.

Jamu bersalin, selain berfungsi untuk mengatasi berbagai keluhan ibu pascabersalin, juga diminati karena dapat membantu mengembalikan kebugaran serta bentuk tubuh seusai melahirkan.

2. Meremajakan kulit.

Jamu awet ayu tercatat sebagai jamu terfavorit kedua. Fungsi utamanya, memelihara kulit dan tubuh agar tetap awet muda dan membantu meremajakan kulit.

3. Seksual.

Jamu galian rapet juga favorit dan banyak perempuan memenuhi kebutuhan seksualnya dengan mengonsumsi jamu ini. Menurut Charles, permintaan akan jamu ini lebih tinggi di Malaysia. "Banyak perempuan Malaysia yang memesan jamu ini," ungkapnya.

4. Awet muda.

Keinginan untuk memiliki penampilan yang selalu segar dan terlihat muda, juga menjadi kebutuhan utama kaum hawa. Perawatan tubuh dengan jamu tradisional menjadi solusi yang dipilih banyak perempuan memenuhi kebutuhan ini.

"Jamu ini terdiri dari dua, jamu awet muda satu dan dua. Jamu satu diminum pagi hari, jam dua pada malam hari. Fungsinya menjaga stamina agar tetap segar beraktivitas sepanjang hari, dan menjaga stamina pada malam hari untuk menunjang intimasi bersama suami," jelas Charles.

Selain keempat jamu tersebut, perempuan juga memilih ragam produk jamu untuk merawat tubuh. Seperti Buste Cream untuk merawat kekencangan payudara. Dan satu lagi yang menjadi favorit kaum ibu adalah minyak telon Njonja Mener.

"Minyak telon terjual 2-3 juta botol per bulan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com