Bukan Akibat Masturbasi - Kompas.com

Bukan Akibat Masturbasi

Kompas.com - 09/04/2012, 07:41 WIB

TANYA :

Prof, saya pria yang sering onani/masturbasi. Dalam seminggu bisa 1-2 kali. Sebelumnya, kondisi  penis saya normal, tegang dan keras saat ereksi. Namun, terakhir ketika saya bangun tidur pagi, yang semalamnya saya selesai onani, penis saya terlihat lemas. Padahal, biasanya selalu ereksi maksimal setiap pagi. Saya coba pancing-pancing, namun penis saya tetap tidak bisa ereksi sampai seharian, keesokan harinya ketika saya rangsang lagi, penis saya dapat ereksi, namun tidak semudah biasanya. Ereksi yang saya rasakan juga tidak seperti biasanya yang tegang maksimal. Ereksi yang saya alami sampai saat ini adalah hanya penis saya yang membesar, tidak tegang seperti biasanya. Padahal, saya sedang tidak mengalami stres atau kecapean, seperti kata beberapa artikel penyebab disfungsi ereksi yang saya baca. Apakah yang sedang terjadi dengan saya dok?

(Richardio, 19, Jakarta)

 

JAWAB :

Masturbasi atau onani tidak menimbulkan akibat apapun, termasuk fungsi ereksi. Artinya kalau Anda tidak mengalami ereksi pagi hari bukan berarti itu akibat masturbasi.

Tetapi mungkin terjadi, ereksi pagi tidak terjadi kalau malamnya Anda melakukan masturbasi atau hubungan seksual. Percayalah, setelah melewati fase istirahat, ereksi pagi atau malam hari akan terjadi lagi asal tidak ada gangguan atau penyakit yang Anda alami.

Jadi jangan cemas dengan apa yang Anda alami itu.  

 

EditorAsep Candra
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM