Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Syarat Utama Menerapkan Gipsum di Rumah

Kompas.com - 10/04/2012, 13:27 WIB

KOMPAS.com - Dengan karakteristiknya sebagai material tahan api dan finishing yang sangat baik, penggunaan material gipsum untuk interior saat ini semakin meluas. Apa saja syaratnya jika ingin menerapkannya dalam hunian?

Rahmawan Gunawan, Technical Rep BORAL Jayaboard, mengatakan, hal pertama harus diperhatikan adalah kondisi lingkungan hunian Anda. Menurutnya, lingkungan rumah harus berada kondisi kering.

Kemudian yang kedua, suhu di hunian itu berada pada 5-40 derajat celcius. Sementara faktor ketiga, kelembaban ruangan hunian maksimal 90%.

"Misalnya tinggal di Bandung, apakah bisa memasang gipsum? Tinggal dilihat tiga kondisi itu saja, karena ketiga hal itulah yang akan sangat mempengaruhi untuk papan gipsum standar. Kalau kondisi perkotaan di Jakarta tentu tidak masalah, mengingat kelembabannya cukup rendah dan suhunya masih masuk dalam rate yang disyaratkan," ujar Rahmawan kepada Kompas.com.

Sementara untuk ketebalan gipsum sebagai dinding, Rahmawan mengatakan, biasanya dikaitkan dengan ketebalan kusen yang dipakai.

"Biasanya ada yang 3 inci atau 4 inci, gipsumnya itu tinggal mengikuti saja," katanya.

Seperti disebutkan sebelumnya (Begitu Mudahnya Merawat Gipsum), penggunaan material gipsum untuk interior saat ini semakin meluas karena disebabkan oleh karakteristiknya sebagai material tahan api dan finishing yang sangat baik. Selain itu, teknik perawatan gipsum juga tidak rumit karena hanya butuh perawatan dari sisi kebersihan agar tetap sedap dipandang.

Untuk mengaplikasi cat pada material gipsum juga tidak sulit. Tidak ada syarat khusus, karena begitu telah terpasang, gipsum sudah bisa dicat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com