Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trauma Perilaku Homoseksual pada Anak

Kompas.com - 23/04/2012, 08:29 WIB

TANYA :

Dok, saya memiliki anak lelaki umur 5 tahun yang bersekolah di TK. Sepulang sekolah, saya titipkan anak ini di rumah tetangga yang mempunyai 3 anak lelaki berumur 19, 11 dan 3 tahun dan 3 anak perempuan. Ibu mereka tidak bekerja. Anak saya suka bermain dengan mereka dan anak saya betah di rumah tersebut. 

Sekitar 3 hari yang lalu, sewaktu saya jemput, anak saya menuding anak lelaki berumur 11 tahun sebut saja si ‘A’, katanya "Bu, dia punya rencana menjijikan".  Sesampai di rumah anak saya menjadi agak rewel. Saya dan suami saya dengan hati-hati mencari tahu apa yang terjadi. Dari informasi yang kami peroleh : Waktu itu di rumah hanya ada anak saya, si A dan nenek yang sedang tidur. Anak saya dan A masuk kamar, lalu A minta anak saya menghisap kemaluannya, anak saya tak bisa menolak, anak saya berbaju lengkap dan A tidak menyentuh anak saya. 

Sekarang anak saya sudah kembali ceria, sudah tidak saya titipkan lagi dan kami tidak mengungkit peristiwa itu lagi. Pertanyaan saya : Apakah peristiwa tersebut akan mempengaruhi perkembangan jiwa anak saya? dan apa yang harus saya lakukan dok?

(Puji, 46, Solo)

JAWAB :

Ibu Puji yang baik,

Perilaku homoseksual yang dilakukan anak laki-laki tetangga ibu kepada anak ibu memang mungkin mengkhawatirkan ibu dan bapak. Kondisi ini memang sebenarnya ada dan bisa terjadi di lingkungan kita. Apa yang dilakukan "A" tentu saja bisa disebabkan karena meniru hal seperti itu (biasanya lewat tontonan di media internet).

Usianya yang mungkin sudah memasuki akil balik membuat dorongan seksual lahiriahnya mulai timbul terutama seksual birahi yang berasal dari stimulus alat kelamin yang mulai mengalami kematangan. Jadi mungkin fokus dia adalah bagaimana memuaskan hal tersebut dan anak ibu kebetulan karena umurnya masih jauh di bawah dia bisa menjadi sarana untuk melampiaskan hal itu.

Walaupun berperilaku homoseksual, belum tentu si "A" ini mempunyai orientasi seksual sejenis (homoseksual). Kita mungkin menjadi khawatir apakah anak ibu yang masih muda ini bisa menjadi "tertular" perilaku homoseksual dan menjadi homoseksual nantinya. Hal ini tidak terbukti secara penelitian ilmiah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com