Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Juta Jiwa Terselamatkan dari Malaria

Kompas.com - 25/04/2012, 02:39 WIB

GENEVA, KOMPAS.com -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (24/4/2012), melaporkan kesuksesan besar yang diraih badan dunia itu dalam upaya melawan penyakit malaria. Malaria merupakan salah satu penyakit pembunuh terbesar di dunia. Meski demikian, WHO mengingatkan masih ada kendala dalam akses memperoleh pengobatan penyakit malaria.

"Dalam 10 tahun terjadi peningkatan dalam investasi pencegahan dan pengawasan malaria dan ini telah menyelamatkan sekitar satu juta jiwa," kata Margaret Chan, pimpinan WHO, dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Chan menegaskan, pihaknya masih jauh dari pencapaian akses universial dalam intervensi menyelamatkan kehidupan dari malaria. Penilaian WHO ini diungkapkan menjelang Hari Malaria Dunia, hari yang dirancang untuk mengingatkan penyakit yang disebarkan oleh nyamuk yang telah membunuh 655.000 orang pada tahun 2010. Para korban ini termasuk 560.000 anak berusia di bawah lima tahun.

Malaria merupakan penyakit mematikan nomor lima terbesar di dunia, terutama di negara-negara miskin. Namun kampanye anti-malaria seperti kelambu yang mudah dan murah, penggunaan insentisida yang ramah untuk melindungi orang selama tidur, berhasil menyelamatkan sekitar satu juta nyawa manusia dari malaria yang mematikan.

Malaria dilaporkan ada di 99 negara. WHO akan mencoba berbagai langkah untuk menekan korban tewas akibat malaria di seluruh dunia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com