Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Prinsip Makan Sehat buat Ibu Hamil

Kompas.com - 29/04/2012, 08:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehamilan merupakan kado terindah yang diberikan Sang Pencinta oleh setiap perempuan di dunia. Pemberian ini tentu harus dijaga dengan benar agar dapat melahirkan generasi yang berkualitas.

Menjalankan pola hidup sehat serta dukungan asupan makanan yang bergizi dan seimbang merupakan salah satu kunci yang harus diperhatikan oleh setiap ibu hamil.

dr. Inge Permadhi, MS, SpGK ahli gizi klinik dari Universitas Indonesia menjelaskan, prinsip pola makan yang sehat dengan menu seimbang selama kehamilan tidak hanya membuat ibu hamil fit dan sehat tapi juga penting untuk perkembangan janin dalam kandungan.

"Prinsipnya, pola makan sehat harus mencakup 3 J (jumlah, jadwal, dan jenis)," katanya, saat acara talk show "Exercise & Nutrition During Pregnancy. Slim Mother and Healthy Baby" di Brawijaya Women & Children Hospital, Sabtu (28/4/2012).

Berikut ini adalah 3 (tiga) prinsip pola makan sehat dengan menu seimbang selama kehamilan seperti diutarakan oleh dr. Inge:

Jumlah

Pada ibu hamil, jumlah makanan yang masuk harus sesuai dengan energi yang keluar. Inge menerangkan, untuk menyeimbangkan antara energi yang masuk dan keluar, ibu harus tetap beraktivitas dan menyusui. Kenapa harus beraktivitas? Karena ibu hamil dengan obesitas, lanjut Inge, sangat rentan mengalami berbagai masalah kondisi kesehatan seperti pengerasan pembuluh darah, perlemakan hati, diabetes, sleep apnea (menyebabkan kematian mendadak) dan nyeri lutut.

"Ini semua bisa terjadi kalau ibu gemuk. Kegemukan adalah penyakit. Oleh karena itu ketika melahirkan dan selesai melahirkan para ibu wajib perhatikan pola makan," jelasnya.

Pascamelahirkan, ibu juga harus memberikan ASI. "Besarnya menyusui sekitar 750 cc, sehingga pada waktu ibu menyusui, jumlah asupan makanan yang harus dipenuhi sekitar 100-1.700 kalori," katanya.

Jadwal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com