Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASI Eksklusif Kurangi Intensitas Gumoh

Kompas.com - 03/05/2012, 22:15 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Berdasarkan riset yang dilakukan di Indonesia maupun di negara lain, bayi yang mendapatkan air susu ibu secara eksklusif tidak mengalami gumoh (regurgitasi) sebanyak bayi yang minum susu formula. Fakta tersebut menjadi salah satu tambahan bagi kampanye pemberian ASI eksklusif.

"Kami akan menggunakan data ini untuk semakin meyakinkan para ibu agar memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi mereka," kata Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, Badriul Hegar Syarif, di Bandung, Kamis (3/5/2012).

Hegar datang ke Bandung sebagai pembicara dalam Kongres Perhimpunan Gastroenterologi, Hepatologi, dan Nutrisi Anak Indonesia. Dalam jumpa pers yang digelar PT Nutricia Indonesia Sejahtera ini, dia didampingi Yvan Vandenplas, Ketua Profesor Pediatrik di Vrije Universiteit Brussel.

Dalam riset yang dilakukan tahun 2004 di RSCM Jakarta atas 138 bayi yang baru lahir, diketahui intensitas bayi yang gumoh atau mengeluarkan isi lambung sehabis minum susu lebih banyak dijumpai pada bayi yang mengonsumsi susu formula.

Gumoh adalah peristiwa saat susu yang sudah masuk lambung bayi dimuntahkan kembali, karena belum bekerjanya otot di ujung kerongkongan untuk menutup jalan masuk makanan ke lambung.

Vandenplas menambahkan, meski sepakat dengan pernyataan Badriul, harus tetap dipikirkan solusi bagi bayi yang tidak mendapatkan akses ASI eksklusif. Salah satunya dengan pengentalan susu yakni menambahkan tepung beras ke susu formula, atau membeli susu formula dengan suplemen antiregurgitasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com