Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Negara Perancis Tetap Mau Jadi Pegawai

Kompas.com - 07/05/2012, 14:20 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Dengan terpilihnya Francois Hollande sebagai presiden Perancis, rakyat Perancis bakal memiliki ibu negara baru. Perempuan di balik sukses Hollande itu merupakan seorang wartawan senior bernama Valerie Trierweiler.

Jika Hollande menggambarkan dirinysa sebagai "Mr Normal", pasangan hidupnya Valerie Trierweiler (47) bisa merevolusi peran tak resmi ibu negara Perancis.

Jika jurnalis itu tidak mundur dari majalah Paris Match dan terus bekerja, dia akan menjadi pasangan hidup pertama presiden Perancis yang memiliki pekerjaan dan gaji tetap.

Selain itu dia juga harus pintar-pintar menempatkan diri dan memilih peran, antara menjadi ibu negara dengan jurnalis.

Selama 20 tahun, dia menjadi wartawan politik untuk Paris Match dan menjadi host untuk sebuah program politik di sebuah televisi kabel.

Sejak awal masa kampanye, dia menegaskan tidak akan ada konflik kepentingan antara dua peran penting itu. Dan dia pernah marah besar ketika majalah tempatnya bekerja memasang fotonya bersama Hollande pada sampul dengan judul "Aset Hollande yang memikat".

Pendahulunya, Carla Bruni tidak lagi aktif menjalani profesi yang dijalaninya begitu dia menikah dengan Presiden Nicolas Sarkozy. Padahal saat itu dia sudah menjadi penyanyi kondang setelah mundur dari dunia model yang menjulangkan namanya.

Trierweiler, seorang ibu tiga putra berusia remaja dari dua kali pernikahannya, pernah mengatakan saat kampanye, bahwa dia harus bekerja untuk menghidupi anak-anaknya. Dia juga menegaskan tidak ingin dibiayai negara.

Seperti Hollande, Trierweiler bukan orang yang suka berbusana mewah dan gemerlap. Dalam suatu kesempatan, dia mengaku membeli baju di pasar dan mencari sendiri kaus kaki yang berserakan di bawah ranjang anak-anaknya.

Dalam soal kecantikan, ibu negara Perancis yang baru ini tidak kalah dengan pendahulunya. Bedanya, Trierweiler memiliki kecantikan yang anggun. Majalah Vogue Perancis membandingkannya dengan aktris Lauren Bacall.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com