Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Benjolan Setelah Anak BAB

Kompas.com - 12/05/2012, 10:58 WIB

TANYA:
 

Saya mempunyai anak berusia 7 tahun. Pada dinding anusnya ada benjolan (tadinya kecil), setelah kurang lebih 6 bulan terakhir ini bertambah besar menjadi sebesar kira kira sebiji jagung. Jika  BAB ia tidak merasakan sakit. Munculnya benjolan hanya saat setelah BAB aja, tapi setelah kira-kira 5-10 menit benjolan tersebut hilang dan masuk kedalam lagi.
 
Pertanyaan saya: jenis penyakit apakah itu dok dan bagaimana cara mengobatinya tanpa operasi. Sudah pernah saya cek ke dokter tetapi benjolan tersebut tidak muncul sehingga dokter tidak dapat menyimpulkkan apa-apa. Sekian pertanyaan saya atas waktu dan jawabannya sebelumnya saya ucapkan rasa terima kasih.
 
Purwanto (39), Semarang

JAWAB :

Benjolan di sekitar anus dapat saja berupa kelainan wasir/hemoroid atau polip rekti. Sebaiknya Bapak berkonsultasi ke dokter bedah anak terdekat untuk lebih memastikan kondisi tersebut dan biasanya bila benjolan tersebut makin membesar atau menimbulkan perdarahan sebaiknya diangkat agar tidak menyebabkan ia menjadi nyeri saat BAB nantinya atau anemia karena terjadi perdarahan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com