Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Cara Menghargai Tubuh

Kompas.com - 16/05/2012, 10:03 WIB

KOMPAS.com - Setiap hari, individu menghadapi berbagai pecitraan tentang tubuh yang tak selamanya sejalan dengan kenyataan. Berbagai iklan produk misalnya, menggambarkan tubuh ideal dengan badan yang langsing, perut rata, serta berbagai kesempurnaan bentuk tubuh lainnya. Faktanya, tak banyak orang yang memiliki tubuh sesempurna ini namun banyak orang harus menghadapi pencitraan buruk atas tubuhnya.

Terapis dan coach kesehatan, Linda DiBella dan Nancy Lee Bentley memberikan sejumlah saran agar Anda memiliki citra tubuh yang lebih positif.

1. Berhenti membandingkan diri.
Berhentilah membandingkan tubuh Anda dengan orang lain. Perilaku seperti ini hanya akan melelahkan Anda, karena pada dasarnya setiap orang berharap bisa mengubah bagian tertentu dalam tubuhnya yang dirasa kurang sempurna. Jadi, jika Anda terus membandingkan diri, tak akan ada habisnya.

Percayalah bahwa setiap orang unik. Jika Anda berharap bisa mengganti rambut keriting Anda, bentuk paha atau cara Anda tersenyum, ini sama artinya dengan Anda ingin menghilangkan sesuatu yang unik dari diri Anda sendiri. Fokuslah pada kualitas diri Anda, karena dengan cara ini semangat Anda akan terus membara dan membuat berbagai hal yang tidak Anda suka dari tubuh Anda menjadi semakin tak terlihat.

2. Fokus pada perubahan.
Jangan hanya mengasihani diri sendiri, misalnya dengan berandai-andai Anda bisa memiliki tubuh yang lebih tinggi. Fokuskan diri Anda pada perubahan yang ingin Anda wujudkan. Misalnya, Anda ingin mengencangkan tubuh, maka lakukan yoga atau pilates, atau hal lain yang bisa memberikan perubahan pada tubuh menjadi lebih baik dan sehat lagi.

3. Tak perlu ragu bergaya.
Berpakaianlah sesuai apa yang Anda inginkan. Anda tak harus menunggu sampai berat badan turun untuk tampil gaya dengan busana favorit Anda. Padu padan busana sesuai bentuk tubuh Anda, dan tampilah lebih gaya. Anda juga layak tampil beda dan gaya, bukan sekadar memilih busana untuk menutupi bentuk tubuh.

Tampil dengan busana fashionable dengan gaya personal akan memperbaiki citra tubuh, dan Anda akan merasa lebih baik, lebih termotivasi dan siap membuat perubahan positif.

4. Ciptakan dan hadirkan keindahan.
Munculkan semangat positif dalam lingkungan terdekat Anda. Mulai di meja kerja, di ruang santai, di dapur di berbagai sisi kehidupan Anda.

Ciptakan ruang kerja yang segar dan positif, misalnya dengan menaruh bunga segar di meja kerja. Tambahkan bantal di sofa, atau putar musik sambil menyiapkan sarapan atau makan malam. Anda bisa menciptakan suasana positif dengan cara sederhana, bahkan hanya dengan sekadar minum air putih menggunakan gelas kristal misalnya.

5. Merawat diri.
Semakin Anda mencintai dan merawat diri Anda sendiri, apa yang Anda punya saat ini, Anda akan semakin bergerak ke arah yang lebih baik dan lebih mampu mengembangkan diri. Jadi, tak ada salahnya merawat diri dengan menjadwalkan kegiatan seperti spa, membaca buku sambil bersantai, atau menulis jurnal pribadi.

6. Bergaul dengan pribadi positif.

Ciptakan sistem dukungan, caranya luangkan waktu dengan teman, kerabat, keluarga yang mampu memberikan pengaruh positif pada diri Anda. Ajak orang-orang positif ini untuk olahraga bersama, mencoba resep sehat baru, dan berikan dukungan satu sama lain terutama jika terjadi perubahan signifikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com