Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Kontrasepsi bagi Pasangan Muda

Kompas.com - 21/05/2012, 11:15 WIB


TANYA:
 

Assalamualaikum  dok, saya mau tanya mengenai kontrasepsi untuk menunda kehamilan. Saya sudah memutuskan untuk menikah muda dan berencana memiliki momongan jika usia saya sudah masuk 20 atau 21 tahun.
 
Banyak mitos mengatakan bahwa sebaiknya pengantin baru tidak langsung memakai KB suntik karena ditakutkan bisa membuat rahim kering. Belum lagi dalam 2 tahun terakhir ini saya mengonsumsi obat tanpa putus untuk mengontrol penyakit.  Apa yang harus saya lakukan untuk menunda kehamilan. Terima kasih dok.
 
Fifit (19), Bekasi


JAWAB:

Keputusan ibu untuk menunda kehamilan adalah keputusan yang sangat perlu dihargai. Memang the best time untuk hamil adalah usia 20-30 tahun. Mengenai pemakaian kontrasepsi metodenya bisa apa saja.

Ibu boleh pakai metode kalender, dengan cara menghindari senggama pada masa subur. Jadi sangat perlu tahu tanda masa subur. Tetapi perlu diingat kalau metode ini sangat efektif bila haidnya teratur.

Jika ingin memilih pil KB, sebaiknya pilih yang kombinasi estrogen dan progesteron. Syaratnya ibu harus disiplin. Sementara itu pemakaian KB suntik sebaiknya yang 1 bulan sekali saja agar haidnya tetap lancar.
Untuk KB spiral juga boleh, tapi ibu harus kontrol secara teratur.

Pada prinsipnya semua metode KB ada untung dan ruginya. Yang penting ibu sudah tahu efek sampingnya dan kontrol secara teratur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com