Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga dan Ereksi

Kompas.com - 25/05/2012, 08:11 WIB

TANYA :

Prof, saya mau menanyakan apakah ada kaitannya antara difungsi ereksi dengan sifat malas olahraga saya? Pasalnya, sejak saya malas berolahraga, saya sangat susah untuk menjaga penis saya keras dalam waktu lama. Apakah dengan kembali berolahraga saya bisa ereksi lagi dengan maksimal. Selain olahraga, apa yang harus dilakukan supaya ereksi bisa maksimal. Demikian dan terimakasih atas jawabannya.

(Antonius Arie Gunawan, 30, Yogyakarta)

JAWAB :

Istilah disfungsi ereksi digunakan bila seorang pria seringkali atau selalu tidak mampu mencapai atau mempertahankan ereksi ketika melakukan hubungan seksual. Akibatnya hubungan seksual tidak dapat dilakukan dengan memuaskan.

Jadi kalau Anda tidak mengalami ereksi lama tetapi tidak dalam kaitan melakukan hubungan seksual, seharusnya tidak dapat dianggap mengalami disfungsi ereksi. Jadi kekhawatiran Anda saya pikir berlebihan.

Mengenai olahraga, secara umum diperlukan untuk memperbaiki atau mempertahankan berbagai fungsi tubuh. Aliran darah menjadi lebih baik, metabolisme hormon juga tetap baik, Dari dua aspek ini saja, pengaruh ke ereksi sebenarnya cukup kuat. Jadi, silakan lakukan olahraga sedang yang teratur. Sebagai contoh, melakukan jogging yang teratur sangat dianjurkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com