Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hal Tentukan Jenis Olahraga Anda

Kompas.com - 25/05/2012, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Menentukan jenis latihan fisik yang pas buat Anda dan seberapa besar intensitasnya bukanlah hal mudah. Ini melibatkan beragam faktor yang tentunya bervariasi bagi setiap orang.

Beragam faktor itu di antaranya adalah usia, kondisi fisik, tipe tubuh Anda dan tujuan latihan itu sendiri. Namun pertanyaan yang paling mendasari dari semuanya itu adalah kapan kita memulainya.

Anda mungkin akan cenderung berpikir bahwa latihan merupakan sebuah mekanisme untuk membangun atau membentuk tubuh Anda. Namun pada kenyataannya, upaya menjadi lebih bugar pantas disebut sebagai sebuah proses "meruntuhkan" dan "membangun".

Pada prosesnya, latihan yang menghasilkan kekuatan dan daya tahan biasanya mengharuskan otot bekerja di luar kebiasaannya. Jika Anda membebani otot  berulang-ulang, jaringan ini biasanya harus beradaptasi pada tuntutan baru.  Ini seperti sebgau proyek rekonstruksi, dimana pada latihan tahap awal otot mengalami peregangan, kemudian membuatnya lemas dan menyebabkan kerusakan yang bersifat mikroskopik.

Tubuh kemudan akan memperbaiki kembali otot-otot yang rusak tersebut, namun membangunnya dengan sebuah daya tahan yang lebih baik. Otot-otot ini dibuat lebih besar, lebih kuat dan lebih efisien.

Untuk menjaga supaya proses meruntuhkan dan membangun ini terus berjalan, dibutuhkan sebuah sedikit keseimbangan. Penting pula artinya untuk memulai latihan pada tahap yang sesuai dengan kondisi Anda. Dari situ, Anda bisa secara bertahap menambah  tuntutan pada tubuh Anda dengan cara mengangkat beban lebih berat, berlari atau berenang dengan jarak lebih jauh atau menambah intensitas serta durasi latihan Anda.

Kenali tipe otot, tubuh dan jenis latihan

Sebelum memilih dan menjalani latihan, ada baiknya Anda mengenal tipe tubuh, otot dan jenis latihan. Dengan mengenal tiga kata kunci ini, Anda akan terbantu dalam menentukan jenis latihan terbaik buat Anda.

* Otot Rangka
Otot yang dimaksud di sini adalah otot lurik atau otot rangka yang digunakan untuk pergerakan tubuh.  Tipe otot rangka secara umum dibagi menjadi dua yakni otot fast-twitch dan slow-twitch. Otot  fast-twitch berkonteraksi dengan cepat dan juga melepas energi dalam waktu sangat singkat. Otot ini cocok digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan kecepatan gerak seperti lari sprint atau power lifting .

Sedangkan slow-twitch adalah tipe kebalikannya, karena otot ini berkontraksi kurang cepat dan melepas energi secara bertahap. Otot ini sangat ideal untuk jenis latihan yang membutuhkan daya tahan seperti bersepeda atau maraton.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com