Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tangga Miskin Terjerat Rokok

Kompas.com - 25/05/2012, 16:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penelitian menunjukkan, banyak rumah tangga termiskin atau berpenghasilan rendah yang terperangkap konsumsi rokok. Kajian dari Lembaga demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) menyebutkan, sebanyak 7 dari 10 rumah tangga di Indonesia (hampir 70 persen) memiliki pengeluaran untuk membeli rokok. Sedangkan 6 dari 10 rumah tangga termiskin (57 persen) memiliki pengeluaran untuk membeli rokok.

Hal itu diutarakan Abdillah Ahsan, Peneliti Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, saat acara temu media di Gedung Kementerian Kesehatan, Jumat (25/5/2012).

"Jika tidak ada upaya pengendalian konsumsi rokok, kita takutkan nanti jadi 70-80 persen rumah tangga miskin membeli rokok," paparnya.

Abdillah mengungkapkan, pengeluaran untuk rokok menempati urutan kedua setelah makanan pokok di rumah tangga termiskin. Pengeluaran untuk rokok hanya lebih kecil dari padi-padian (makanan pokok). Bahkan pengeluaran untuk rokok mengalahkan 23 jenis pengeluaran lainnya.

Banyak kesempatan yang hilang akibat rumah tangga termiskin terjebak kebiasaan rokok. Sebagai contohnya, kata Abdillah, pengeluaran untuk rokok pada rumah tangga perokok termiskin 11 kali lebih besar dari pengeluaran belanja untuk daging, 7 kali lebih besar dari belanja buah, 6 kali lebih besar untuk pendidikan dan 5 kali lebih besar untuk kesehatan serta belanja susu dan telur.

"Betapa banyak rumah tangga termiskin mengatakan susah untuk membayar uang sekolah sementara dia setiap hari masih merokok," ungkapnya.

Dalam hitung-hitungannya, Abdillah menguraikan, betapa banyak kesempatan yang hilang setelah seseorang merokok selama 10 tahun. Ia menjabarkan, jika diibaratkan konsumsi rokok per hari (satu bungkus) 10 ribu dan perbulan 30 bungkus, maka konsumsi rokok per 10 tahun bisa mencapai 3.650 bungkus (senilai Rp 36,5 juta).

"Ini melebihi biaya haji, sekolah S1 di UI, bisa buat DP rumah, beli motor, modal usaha kecil, dan franchise makanan ringan," katanya.

"Jadi ini bukan investasi. Ini mungkin investasi yang kita keluarkan sekarang, namun kita nikmati kerusakannya di kemudian hari," tegasnya.

Abdillah mengatakan, konsumsi rokok juga dapat menimbulkan kecanduan. Buktinya adalah pada krisis ekonomi tahun 1998 di mana pertumbuhan ekonomi negatif (artinya pendapatan berkurang), tapi konsumsi rokok masih meningkat. Bahkan, pada saat pendapatan turun dan harga-harga meningkat konsumsi rokok masih meningkat.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com