Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Cukup Tangguh untuk Berwirausaha?

Kompas.com - 04/06/2012, 16:22 WIB

KOMPAS.com - Penghargaan wirausaha dari majalah wanita Sekar, SWOMA atau Sekar Womenpreneur Award, bisa saja Anda raih, terutama untuk Anda yang memiliki ide usaha brilian dan realistis, atau bagi entrepreneur pemula yang memiliki bisnis berusia enam bulan hingga dua tahun. Melalui program ini, Anda juga bisa mengukur apakah Anda memiliki karakter entrepreneur tangguh.

Pasalnya, program SWOMA yang memasuki tahun kedua ini juga melibatkan psikolog saat menyeleksi peserta. Keterlibatan psikolog bukan tanpa alasan. Menurut Brilyantini, Pemimpin Redaksi Majalah Sekar, peran psikolog tak kalah pentingnya, terutama untuk menganalisa kepribadian peserta yang terlihat dari caranya bicara ketika mempresentasikan usahanya atau ide bisnisnya.

"Juri SWOMA terdiri dari pakar UKM, keuangan, marketing juga psikolog. Peran psikolog penting karena untuk menjadi pengusaha harus punya kepribadian tertentu yang turut menentukan keberhasilan usahanya," jelas Brilyantini kepada Kompas Female di sela talkshow wirausaha Merintis Bisnis dengan Modal Rp 0,  yang berlangsung di ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center di International Franchise License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2012, Sabtu (2/6/2012).

Menurutnya, untuk berwirausaha dibutuhkan sejumlah karakter penting seperti tangguh, tahan uji, kreatif, percaya diri, dan memiliki semangat tinggi. "Kalau terjatuh ia mudah untuk bangkit kembali, karakter ini yang dibutuhkan dalam diri wirausahawan. Karakter seperti ini akan terlihat saat peserta bicara di depan para juri," tuturnya.

SWOMA mencari perempuan wirausaha yang memiliki karakter kuat dan mampu bertahan dalam menjalankan bisnisnya. Keterlibatan psikolog sebagai juri, akan memaksimalkan pemilihan penerima penghargaan yang memenuhi kriteria kepribadian ini, lanjut Brilyantini.

Jika Anda adalah entrepreneur yang memiliki pribadi tangguh, masih terbuka kesempatan untuk mendaftarkan diri mengikuti SWOMA 2012. Pendaftaran terbuka hingga 21 Agustus 2012, melalui kegiatan talkshow yang tersisa satu kesempatan lagi di Yogyakarya, juga melalui website www.majalahsekar.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com