Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hambatan yang Meruntuhkan Semangat

Kompas.com - 06/06/2012, 16:11 WIB

T:
Salam kenal Mbak Ainy. Saya Tania, 27 tahun, ingin meminta saran dan masukan dari Mbak Ainy untuk membangkitkan kembali semangat saat kita tengah terganjal berbagai kendala dalam meraih kesuksesan. Saya memilih bekerja sebagai entrepreneur dan membangun bisnis sendiri dari nol. Namun ternyata tak mudah, meski saya yakin bisa sukses di bisnis ini. Saya percaya, kalau yakin dan punya mimpi, kita bisa meraihnya suatu saat. Saya juga punya banyak mimpi yang ingin saya wujudkan. Namun terkadang, dalam perjalanannya, selalu ada saja hambatan yang kadang meruntuhkan semangat. Bagaimana ya Mbak, caranya untuk tetap bersemangat, dan kembali fokus pada tujuan, pada mimpi yang ingin saya capai, meski rasanya kok hambatannya tak henti-hentinya saya temui? Saran Mbak, hal apa yang sebaiknya saya lakukan untuk kembali fokus pada tujuan tersebut? (Tania Piero, Jakarta)

J:
Mbak Tania yang luar biasa,
Bahagia sekali mengetahui wanita muda seperti Mbak menjadi seorang entrepreneur muda. Sebagai entrepreneur muda seperti Anda sekarang ini, dibutuhkan kegigihan dan fokus. Apalagi Anda telah membangunnya sendiri dari nol.

Memang, adalah tidak mudah membangun bisnis dari nol. Apalagi Anda menghadapi hambatan-hambatan. Pertanyaannya, apa yang perlu Anda lakukan agar tetap fokus dan semangat dalam mencapai tujuan?

Tiga langkah sederhana berikut ini perlu Anda lakukan dengan sepenuh hati:
* Pertama, jawablah pertanyaan berikut dengan jujur,îSebenarnya, apa alasan utama saya merintis bisnis ini?î Pertanyaan ini nampaknya mudah, tetapi ternyata Anda membutuhkan waktu untuk menjawabnya dengan jujur. Mengapa kejujuran Anda dalam menjawab pertanyaan ini sangat penting? Karena, semakin Anda jujur menjawabnya, semakin Anda tahu seberapa penting Anda gigih dan fokus untuk membangun kesuksesan bisnis Anda. Lalu, bayangkan! Bayangkan betapa besar manfaat yang Anda berikan selama ini baik untuk diri Anda sendiri, karyawan, klien Anda, serta orang-orang yang menggunakan produk atau jasa Anda. Ucapkan puji syukur sambil tersenyum.

Patutkah Anda mundur? Patutkah Anda merasa lemah? Patutkah setiap hambatan itu menghalangi Anda? Saya yakin jawabannya TIDAK. Maka, katakanlah kalimat ini dengan sepenuh hati, berkali-kali hingga Anda merasakan semangat Anda terbangkitkan. ìAku, Tania adalah wanita yang mulia dan luar biasa. Setiap hambatan yang menghalangiku, kutembus dengan tindakan nyataku, tanpa kenal lelah dan putus asa!î

* Kedua, tanyakan kepada diri Anda, îSebenarnya, apa sajakah kesulitan Anda selama ini?î Jawablah pertanyaan ini dengan jujur. Tulislah satu persatu kesulitan yang Anda jumpai.

* Ketiga, tulislah tindakan-tindakan apa sajakah yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan Anda.

Selamat melangkah meraih impian ya!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com