Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Busana Biyan, Perpaduan Kesejukan dan Kemewahan

Kompas.com - 07/06/2012, 18:36 WIB

KOMPAS.com - Kerinduan menikmati kesejukan alam yang memberikan inspirasi pada kehidupan dan pertumbuhannya, juga memberikan keseimbangan mendasari lahirnya koleksi terbaru Biyan 2012-2013, rancangan desainer ternama Biyan Wanaatmadja, bertajuk Foliage.

Biyan membawa kesejukan alam yang didambanya ke dalam 90 set busana koleksi Foliage dalam Biyan Annual Show 2012 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

Baginya, sejuk dan indahnya alam merepresentasikan dunia yang hijau semakin menjadi kebutuhan bagi manusia sibuk di era kini. Dan ia pun menafsirkan inspirasi ini melalui rancangan busana yang berbeda untuk perempuan urban.

"Menikmati lingkungan yang sejuk menjadi esensi hidup, untuk mendapatkan keseimbangan," ungkap Biyan memaparkan konsep koleksi busana terbarunya, dalam jumpa pers jelang pertunjukkan Foliage di Iris Room Hotel Mulia Senayan Jakarta, Rabu (6/6/2012).

Demi perempuan

Biyan kemudian menuangkan konsep "hijau" ragam pilihan gaya busana. Sasarannya, perempuan modern yang rindu tampil menjadi pribadi apa adanya, tanpa meninggalkan sisi feminin, elegan, juga mewah.

"Foliage merepresentasikan keseimbangan hidup dan rileks. Foliage sendiri merupakan kata yang indah. Konsep koleksi busananya pun nyaman, cantik tapi tidak berlebihan. Busana yang bisa mix and match sesuai dengan gaya personal. Busana siang dan malam, office dan off office. Busana untuk perempuan masa kini yang berpikir modern," jelas desainer yang berkiprah di industri mode Indonesia sejak 1984 ini.

Tak hanya sejuk, koleksi busana Foliage juga merepresentasikan perempuan Indonesia yang aktif. Sekaligus juga menginspirasi perempuan untuk mengapresiasi budaya lokal. Konsep rancangan busana Biyan pun berhasil menarik perhatian merek body lotion Citra yang telah mendukungnya empat tahun terakhir. Sebagai cara Biyan berbagi untuk perempuan, ia pun setia berkontribusi secara sosial untuk mendukung pelaku seni perempuan melalui Yayasan Kelola oleh Linda Umar Abidin selama lima tahun belakangan.

Kaya detil

Dalam mencipta koleksi busana, Biyan tak melepas karakter khasnya. Aplikasi beadings sebagai detil pada busana menjadi ciri khasnya, tak terkecuali dalam koleksi Foliage ini. Gaya busana berkonsep "hijau" tak hanya terlihat sejuk namun juga mewah dengan sentuhan Biyan dalam menggunakan kristal Swarovski dan batu-batuan vintage semi-precious.

"Sama seperti fashion, kristal Swarovski juga mengeluarkan 2-3 koleksi pertahunnya. Kristal apa yg dipilih? Prinsipnya Biyan harus tampil beda," tuturnya.

Terbukti, Biyan memang tampil beda. Di tangannya, kristal Swarovski menyatu selaras dengan busana tanpa mendominasi penampilan namun tetap menonjolkan kemewahan yang elegan, cantik tak berlebihan.
biyan-3
Kreativitas Biyan sebagai salah satu desainer papan atas Indonesia, juga mendapat pengakuan dari Direktur Asia Tenggara Swarovski Elements, Giuseppe Ravenna. "Desainer papan atas Indonesia memiliki kreativitas tinggi dalam merancang Swarovski dalam desain busana mereka," ungkapnya seusai jumpa pers.

Biyan mengeksplorasi kristal Swarovski sebagai detil pada produk fashion dalam komposisi yang selaras dan seimbang. Kristal yang banyak digemari desainer dunia, dan dipilih label mode sekelas Dior juga Choco Chanel ini juga hadir lebih variatif.

Pilihan warna kristal yang memberi kesan mewah pada busana, konsisten dengan tema. Warna natural, tumbuh-tumbuhan juga flora, warna dasar yang didapati di alam. Tren warna terkini dari Swarovski juga hadir dalam koleksi Foliage. Seperti white opal dan sand opal, hijau dan keemasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com