Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Zikomo Kwambiri" dari Pasien HIV Positif Pertamaku

Kompas.com - 14/06/2012, 14:30 WIB
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Desa Thekerani adalah sebuah desa terpencil di Malawi, salah satu negara paling tertinggal di kawasan Afrika Selatan. Desa ini akan menjadi rumahku selama sembilan bulan ke depan. Namun, tidak  mudah untuk sampai kemari.

Setelah tiba di Lilongwe, ibukota Malawi, kami masih harus melanjutkan perjalanan selama 6 jam dengan mobil menuju Thyolo Boma di distrik Tyolo, tempat di mana kantor proyek Médecins Sans Frontières (MSF), atau Dokter Lintas Batas, berada.

“Inikah tempat yang kutuju?” tanyaku pada diri sendiri setelah perjalanan panjang dan cukup melelahkan menuju kantor MSF. Ternyata bukan. Aku masih harus bertahan selama tiga jam lagi menempuh jalan bergelombang dan berlumpur dari Thyolo menuju lokasi pusat kesehatan tempatku ditugaskan di Thekerani, dimana para pasien sudah menunggu kedatanganku – dokter mereka – untuk memberikan pengobatan.

Beberapa jam berlalu dan akhirnya kami tiba di sebuah desa kecil di selatan Malawi yang secara harafiah dikelilingi semak-semak. Ini mungkin salah satu tempat di dunia yang bahkan tak bisa ditemukan dalam peta canggih buatan Google sekalipun.  Kabut tebal menyelimuti sore itu dan aku hampir tak bisa melihat apa-apa ketika mobil mulai bergerak pelan. Berangsur-angsur, benda-benda di sekeliling kami mulai terlihat. Perlahan, aku lalu melihat sebuah bangunan sederhana yang terbuat batu bata. Itulah dia, Pusat Kesehatan Thekerani yang kutuju! 

Ini merupakan tugas lapangan pertamaku bersama MSF. Aku berasal dari sebuah daerah antah berantah di Indonesia, dan sekarang aku berada di sebuah daerah entah dimana di keluasan benua Afrika untuk pertama kalinya dalam hidupku. Ketika memutuskan untuk menerima tugas kemanusiaan pertama bersama MSF, aku sangat senang dan bersemangat. Namun begitu menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di pusat kesehatan ini, perasaanku jadi tak menentu; bercampur aduk.

Aku disambut oleh lebih 200 pasang mata, semuanya menatapku. Mereka adalah pasien-pasienku, pikirku dalam hati. Sebagai orang baru di benua Afrika, orang baru di Malawi, orang baru di tengah-tengah budaya mereka yang beragam, aku menatap balik mereka dengan rasa ingin tahu, dan aku melihat kilauan harapan di mata mereka. 

Sebagai seorang dokter, sayangnya aku tidak memiliki pengalaman sebelumnya bekerja dalam kasus yang berkaitan langsung dengan HIV/AIDS. Aku memang sudah membaca, mempelajari dan menghadiri berbagai pelatihan mengenai HIV/AIDS, namun aku belum pernah menanangani satu orang pun pasien HIV.  Hal itu jelas membuatku merasa kurang percaya diri. Aku takut kalau-kalau aku tak bisa memenuhi apa yang menjadi harapan pasien.

“Bagaimana jika aku lupa sesuatu…bagaimana jika aku memberikan diagnosa yang salah?” pertanyaan-pertanyaan itu terus menghantuiku begitu menginjakkak kaki untuk pertama kalinya di ruang konsultasi.

Hening beberapa saat, hingga kemudian seseorang mengetuk pintu. Ternyata asistenku, seorang staf dari Kementrian Kesehatan Malawi, yang akan menjadi mitra kerjaku selama beberapa bulan ke depan.  Dia memperkenalkan dirinya dan memintaku untuk datang ke ruangannya.  Di sana, pasien pertamaku sudah menunggu. Aku merasa jantungku seolah berhenti berdetak.

Seorang ibu duduk sambil mendekap bayinya. Dia tampak lelah dan airmatanya terus berlinang.  Asisten tadi memberikan penjelasan singkat tentang kasus yang dihadapi pasien tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com