Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes: Masyarakat Indonesia Harus Mencintai Kesehatannya

Kompas.com - 14/06/2012, 17:19 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengimbau masyarakat Indonesia untuk mencintai kesehatan mulai saat ini. Menurutnya selama ini, masyarakat cenderung menaruh harapan kesehatannya pada pemerintah, tapi tidak banyak yang berusaha untuk mencegah penyakit datang.

"Setiap orang harus katakan kesehatan saya adalah harta saya, tanggung jawab saya. Sehat adalah hak kita. Kita adalah masyarakat yang sehat. Ini adalah kementerian kesehatan, bukan kementerian kesakitan, kita harus menjaga kesehatan kita lebih baik mencegah sakit kan," kata Nafsiah di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/6/2012).

Dokter spesialis anak ini baru saja dilantik Presiden Yudhoyono hari ini. Menurutnya beberapa pesan Presiden yang harus ia jalankan adalah memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dan jaminan kesehatan sosial. Selain itu, Presiden juga meminta melanjutkan program Millenium Development Goals (MDGs), seperti mengurangi jumlah kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu anak serta memerangi HIV/AIDS.

"Indonesia negara yang sangat besar, kita harus prioritaskan. Tentu saja harus saya bahas dengan teman-teman di Kementerian Kesehatan sendiri, apa yang sudah direncanakan, termasuk dari program bu Endang dulu, dan prioritas beberapa tahun ke depan," terang Nafsiah.

Ia juga menyatakan bahwa nantinya anggaran Jaminan Kesehatan Masyarakat harus diprioritaskan pada promosi kesehatan dan pencegahan, bukan sekadar anggaran pengobatan bagi yang sakit. "Promosi hidup sehat dan pencegahan lebih murah daripada pengobatan. Kalau pengobatan akan tersedot di situ semua anggarannya, tidak mungkin cukup untuk penghobatan. Lebih baik kita mencegah sakit," tegasnya.

Terakhir, Nafsiah meminta masyarakat dan media massa untuk mendukung kerjanya selama menjabat sebagai Menkes, agar ia dapat memajukan kesehatan masyarakat Indonesia. "Kesempatan ini tentu adalah berkat untuk saya di mana mungkin saja di dalam waktu dua tahun saya bisa berbuat lebih baik untuk kesehatan masyarakat," tutur Nafsiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com