Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membakar Iga

Kompas.com - 17/06/2012, 14:16 WIB

KOMPAS.com - Ingin mengadakan pesta barbeque di rumah  bersama keluarga atau teman-teman? Salah satu bahan makanan yang biasa digunakan untuk pesta barbeque adalah ikan, daging steak, daging iga, atau udang. Daging iga, khususnya, biasanya menu favorit saat barbeque. Untuk menghasilkan iga bakar yang nikmat sebenarnya tidak susah. Ikuti beberapa tips untuk membuat iga bakar yang tak kalah lezat dengan di restoran.

1. Gunakan iga segar
Untuk menghasilkan kelezatan yang maksimal, pilih iga yang segar. Lemak segar yang ada di bagian ini akan mudah lumer ketika dipanggang, dan membuat iga semakin nikmat. Akan tetapi jika tak punya iga segar, Anda juga bisa menggunakan iga beku. Biarkan iga mencair, dan suhunya sama dengan suhu ruangan. Ketika Anda langsung memanggang iga yang masih beku, bagian dalamnya menjadi tidak matang.

2. Bumbui dengan tepat

Banyak orang berpikir bahwa menggunakan bumbu yang banyak saat merendam iga (proses marinasi) bisa membuat iga terasa lebih enak. Namun, bumbu yang terlalu pekat dan berlebihan akan membuat rasa asli dari daging iga menjadi hilang. Hindari juga menyajikan iga bakar dengan saus yang terlalu pekat karena bisa menutup kelezatan daging.

3. Jangan direbus

Merebus iga akan membuat daging menjadi lebih empuk saat digigit. Namun, proses merebus ini akan membuat Anda kehilangan rasa dan juice (sari) dari iga. Ekstrak iga ini akan larut dalam air. Sehingga meski Anda akan mendapat gigitan iga yang empuk, namun rasanya kurang gurih.

4. Tidak perlu dibungkus aluminium foil
Saat membakar iga, Anda tak perlu membungkusnya dengan aluminium foil. Aluminium foil justru akan mengurangi kenikmatan rasa bakarannya. Aluminium foil bisa digunakan untuk menjaga agar iga bakar tetap hangat sebelum disajikan. Jika takut dengan risiko karsinogen akibat proses pembakaran, perhatikan api yang Anda gunakan untuk membakar. Hindari api yang langsung mengenai daging karena inilah yang akan menyebabkan timbulnya zat karsinogen. Sebaiknya, beri jarak yang cukup antara daging dengan bara ataupun api pembakaran.

5. Hindari panggangan yang terlalu panas
Salah satu kesalahan yang banyak kita lakukan adalah membiarkan pemanggang terlalu panas. Pemanggang yang terlalu panas tidak akan mempercepat proses pematangan iga, namun justru membuat permukaan iga cepat gosong sementara bagian dalamnya belum matang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com