Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebutuhan Gizi untuk Anak Usia 11 Bulan

Kompas.com - 18/06/2012, 06:02 WIB

TANYA :

Putri saya usianya sudah 11 bulan, tetapi pertumbuhan motoriknya mungkin dikatakan lambat . Giginya baru tumbuh 2 (dua) dan ketika diajarkan untuk berdiri kakinya masih gemetaran. Apakah putri saya ini kekurangan kalsium? Apakah perlu pemberian suplemen kalsium untuk usia 11 bulan? Pemberian ASI sampai saat ini masih berjalan dan dibantu susu soya apabila saya sedang bekerja.

Anak saya ini juga  telah mendapatkan ASI eksklusif 6 bulan, tetapi kalau dibandingkan dengan putri tetangga saya yang tidak kenal ASI memang berbeda. Dengan usia yang sama, gigi putri tetangga  sudah tumbuh enam dan sudah mulai belajar jalan dan berat tubuhnya bongsor, sedangkan putri saya sekarang beratnya 7,2 kilogram. Apa yang harus saya lakukan untuk perkembangan putri saya?

(Chikma, 37, Sidoarjo)


JAWAB :

Ibu Chikma yang baik,

Untuk mengetahui pertumbuhan putri ibu, dapat diukur dari berat dan panjang badannya serta apakah makanan dan nutrisi yang ibu berikan selama ini cukup atau tidak adalah dengan mengecek dan memantau pertumbuhannya yaitu berat  badan, tinggi badannya. Ibu bisa mengeceknya melalui KMS (Kartu Menuju Sehat)

Berdasarkan angka kecukupan gizi bagi orang Indonesia, rata-rata usia 7-12 bulan memiliki berat badan normal 8.5 kg dan tinggi atau panjang badan 71 cm.

Untuk putri ibu usia 11 bulan, berdasarkan berat badan terhadap umur, saat ini ananda termasuk berat badannya kurang. Yang harus ibu lakukan untuk mengejar pertambahan berat badan ananda adalah memastikan kebutuhan energi dan nutrisinya terpenuhi.

Kebutuhan gizi ananda adalah adalah sebagai berikut:
•    Energi: 650 kkal
•    Protein: 16 gram
•    Kalsium 400 mg
•    Zat besi 8 mg

Nutrisi yang dibutuhkan
•    Karbohidrat: nasi/roti/mie/kentang untuk zat tenaga dan memberi rasa kenyang
•    Protein: lauk hewani (telur, ikan, daging sapi, ayam/bebek, susu sapi); lauk nabati ( tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah, kacang kedele, susu kedele) untuk zat pertumbuhan, antibodi dan daya tahan tubuh
•    Vitamin dan mineral: buah-buahan matang dan sayuran berwarna terang sebagai zat pengatur dan pelindung serta sumber serat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com