Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkes Jamin Ketersediaan Obat ARV

Kompas.com - 21/06/2012, 17:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan menjamin ketersediaan obat antiretroviral atau ARV untuk pasien HIV/AIDS. Antiretroviral (ARV) adalah obat  yang tidak menyembuhkan penderita AIDS melainkan hanya menekan dan mengendalikan jumlah virus HIV dalam tubuh penderita.

"Untuk stok ARV, kita sudah hitung dan cukup untuk bisa mengcover seluruh pasien ODHA yang membutuhkan ARV," ujar Kepala Seksi Standardisasi Pengendalian AIDS dan Penyakit Menular Seksual Direktorat Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan Endang Budi Hastuti, saat menghadiri peluncuran Pedoman dan Modul Pencegahn Positif, Kamis, (21/6/2012) di Jakarta.

Pengadaan obat ARV, kata Endang, masih dipusatkan di Kementerian Kesehatan dan sampai saat ini disubsidi penuh oleh pemerintah. Distribusinya juga masih dipusatkan dan dikirimkan langsung ke layanan yang membutuhkan sesuai dengan permintaan layanan.

Pemusatan ini, lanjut Endang, dilakukan untuk memudahkan pemantauaan penggunaan dan ketersediaan obat di layanan, mengingat karakteristik penyakit dan konsumsi obat ARV yang spesifik, dimana obat harus dikonsumsi tepat waktu dan seumur hidup.

"Mungkin perbaikan ke depannya adalah, lebih kepada ketersediaan di rumah sakit, seperti distribusi dan alur permintaan dari rumah sakit ke kita," ujarnya.

Untuk memudahkan pengawasan dan pelaporan distribusi obat, telah ditetapkan alur distribusi pelaporan dan permintaan obat dimana setiap bulan Rumah Sakit harus membuat laporan pemakaian obat dan permintaan obat dengan menggunakan  laporan bulanan. Selain itu, jumlah obat yang diminta adalah kebutuhan untuk satu bulan dan dua bulan stok cadangan dengan mempertimbangkan stok akhir. Sehingga di rumah sakit harus tersedia persediaan obat selama 3 bulan.

"Beberapa rumah sakit kadang nggak aware atau mungkin karena pasien sedikit, jadi dia minta nya tidak untuk tiga bulan. Padahal, rumah sakit itu diharapkan meminta obat ke kita untuk stok 3 bulan kedepan supaya aman," ujarnya.

Obat ARV harus diminum setiap hari dengan dosis dan waktu yang selalu tepat dan terus dikonsumsi seumur hidup. Ketidakpatuhan dalam mengonsumsi ARV dapat menimbulkan resistensi.

HIV/AIDS telah menjadi momok yang menakutkan bagi dunia. Di Indonesia, jumlah kasus HIV/AIDS terus meningkat. Saat ini, di Indonesia diperkirakan terdapat 170 hingga 210 ribu penduduk yang mengidap HIV/AIDS. Penyakit ini hingga kini belum ditemukan obatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com