Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Mainan Magnet pada Anak

Kompas.com - 22/06/2012, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Orang tua sebaiknya lebih berhati-hati dalam membelikan  mainan bagi anak-anak, terutama bila berasal dari bahan magnet. Baru-baru, ini para ahli bedah di Inggris dilaporkan menangani dua anak kecil yang secara tidak sengaja menelan magnet kecil dari mainan mereka.

Kasus pertama menimpa anak 18 bulan yang telah menelan 10 bola magnet kecil, dan yang kedua melibatkan bocah delapan tahun yang menelan dua strip magnet yang panjangnya 2 sentimeter. Pada kedua kasus itu, magnet yang tertelan berasal dari mainan anak-anak. Kedua anak-anak mengalami nyeri perut ringan dan pada pemeriksaan lebih lanjut ditemukan bahwa magnet telah bersarang di sistem pencernaan mereka.

Benda kecil yang tertelan oleh anak kecil biasanya dapat melewati sistem pencernaan mereka tanpa menyebabkan penyakit atau kerusakan internal. Namun ketika beberapa elemen magnetik itu tertelan, mereka akan membuat reaksi berbeda. Beberapa magnet dapat tertarik menarik satu sama lain di dalam tubuh, menjebak jaringan lunak internal dan menyebabkan perkembangan fistula. Fistula adalah suatu kondisi dimana koneksi yang abnormal terbentuk antara jaringan lunak dalam tubuh, dan jika tidak diobati, dapat menyebabkan penyakit serius.

Menurut para medis, anak-anak yang menelan magnet awalnya tidak akan merasa sakit apa-apa, sehingga sulit bagi orangtua untuk mengetahui kalau anak mereka sudah menelan benda itu.

"Kami sangat prihatin tentang beredarnya mainan magnet yang bisa dengan mudah didapatkan. Bagian magnet sangat mudah terpecah. Orangtua harus memperingatkan risiko tertelannya serpihan magnet, terutama pada anak kecil. Kami percaya bahwa peningkatan dalam kesadaran masyarakat tentang risiko ini akan menjadi kunci dalam mencegah insiden yang serupa," kata Dr  Anil Thomas George dari Queen Medical Centre, bagian dari Nottingham University Hospitals NHS Trust, Inggris.

Beberapa negara seperti AS dan Kanada dalam beberapa tahun terakhir, sudah membuat peringatan ke publik dan bahkan menarik kembali beberapa produk mainan yang berbahan magnet.

"Meskipun kami memahami bahwa mustahil untuk mencegah anak-anak menelan benda ini, tapi kita akan fokus memperingati orang tua untuk menyadari potensi bahaya yang bisa timbul dari tertelannya magnet. Kami menyarankan orangtua untuk lebih waspada dan berhati-hati ketika memberikan anak-anak mereka mainan yang mungkin berisi magnet kecil," katanya.

"Kami juga akan meningkatkan kesadaran para produsen mainan, yang punya tanggung jawab untuk mengingatkan orang tua tentang adanya magnet dalam produk mainan mereka," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com