Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertanyaan Populer Seputar Suplemen

Kompas.com - 23/06/2012, 11:00 WIB

KOMPAS.com — Setidaknya ada tujuh permasalahan yang sering ditanyakan terkait penggunaan suplemen bagi kesehatan. Berikut adalah penjelasannya:  

1. Bagaimana cara terbaik menyimpan suplemen vitamin dan mineral?

Cahaya, kelembaban, dan panas yang berlebihan dapat mengurangi efektivitas suplemen vitamin dan mineral. Jadi, tempat terbaik untuk menyimpannya adalah di tempat yang kering dan sejuk, misalnya di lemari obat dan meja di samping tempat tidur.

Jangan simpan suplemen di dalam lemari es. Ketika dikeluarkan dari lemari es ke tempat bersuhu ruang, akan terjadi kondensasi di dalam botol.

Meski demikian, ada beberapa jenis suplemen nonvitamin yang sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Karena itu, sebaiknya Anda selalu membaca label di botol kemasan. Juga, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa.

2. Haruskah suplemen yang kedaluwarsa dibuang?

Tanggal kedaluwarsa dibuat tentu ada maksudnya. Tanggal tersebut menunjukkan kapan vitamin atau suplemen tidak lagi efektif. Anda dilarang mengonsumsinya jika telah melewati tanggal kedaluwarsa. Jika vitamin ternyata sudah kedaluwarsa, padahal tersisa banyak, Anda harus membuangnya. Karena itu, sebaiknya Anda membeli dalam jumlah yang lebih sedikit.

3. Apa yang dimaksud "daily value"?

Daily value menunjukkan persentase nutrisi tertentu dalam makanan, didasarkan pada pola makan 2.000 kalori. Daily value memberi gambaran kontribusi nutrisi tertentu pada pola makan sehari-hari, 5 persen atau kurang dianggap rendah untuk nutrisi tertentu dan 20 persen atau lebih adalah tinggi.

4. Apa perbedaan antara multivitamin untuk pria dan perempuan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com