Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kate Middleton, A Year in Style

Kompas.com - 29/06/2012, 09:49 WIB

KOMPAS.com - Setahun setelah menyandang status sebagai istri calon pewaris tahta kerajaan Inggris, gaya berbusana Kate Middleton masih saja ramai diperbincangkan. Ia masih mampu menarik perhatian dengan pilihan busananya, dan membuat pakaian seperti yang dipakainya terjual habis di toko. Belum lama ini, muncul laporan bahwa dana untuk busana resmi Kate dalam setahun ini menghabiskan 55.000 dollar, atau sekitar Rp 519 juta.

Apa saja yang pernah dikenakan Kate dalam satu tahun terakhir, semenjak pernikahannya pada 29 April 2011 lalu? Mari kita simak kembali.

Pusat perhatian
Apapun yang dikenakan perempuan yang gemar memakai eyeliner tebal ini, selalu menyita perhatian. Entah mengenakan pakaian berwarna muram seperti kelabu, atau yang cerah seperti pink dan merah menyala, efeknya tetap luar biasa besar.

Tengok saja gaun bergaya coat warna hijau tua keluaran Emilia Wickstead yang dipakainya untuk menghadiri parade Hari Santo Patricius (St. Patrick's Day). Gaun sederhana ini menjadi "berbicara" hanya dengan tambahan topi Lock & Co, serta bros dan bunga yang disematkan di dadanya. Gaun lengan panjang pink berlipit dari perancang yang sama dikenakannya saat menghadiri pesta kebun di Istana Buckingham di London. Kurang dari dua minggu sebelumnya, gaun yang sama dipakainya untuk acara makan siang untuk Diamond Jubilee yang diadakan Ratu Elizabeth di kediamannya di Windsor Castle!

gaun semiformal

Alexander Mcqueen dan Jenny Packham
Koleksi busana dua perancang asal Inggris ini paling sering dikenakan oleh Kate, baik untuk gaun formal maupun kasual. Salah satu gaun malam Alexander McQueen yang paling menyedot perhatian tentunya yang dikenakan Kate saat menghadiri jamuan makan malam di sela BAFTA Awards dalam kunjungannya di Los Angeles tahun lalu. Selain itu juga strapless dress beludru warna hitam yang dipakainya di The Sun Military Awards akhir tahun lalu. Seksi!

Jenny Packham tak kalah berperan dalam memberikan kesan glamor pada putri sulung dari tiga bersaudara ini. Penampilan terakhirnya dalam gaun Jenny Packham yang paling mengundang perhatian adalah saat menghadiri makan malam Our Greatest Team Rises Gala di Royal Albert Hall, London. Gaun warna hijau tersebut dilapis bahan lace yang tembus pandang, menampakkan pundak dan punggungnya. Ada pula gaun one shoulder bergaya Yunani dari bahan sifon dan satin, dengan aksen bunga apiun warna merah di dada kirinya. Gaun tersebut dikenakannya dalam jamuan makan di St James Palace, London, November lalu.

Banyak juga busana kasual dan semiformal dari dua perancang ini yang perlu diamati. Sarah Burton, direktur kreatif rumah mode Alexander McQueen, memberikan gaun bergaya kelasi warna putih yang dipakai Kate saat menjalani tur di Amerika dan Canada tahun lalu. Ada pula setelan bergaya militer warna putih-biru navy yang sensasional, dikenakan saat berkunjung ke Summerfield Community Centre di Winson Green, Birmingham, pertengahan 2011.

gaun malam

 

Lace
Siapa ikon fashion yang turut mempopulerkan gaun berbahan lace? Boleh dibilang, Kate lah orangnya. Gaun pengantin Sarah Burton lengan panjang dari lace itu menginspirasi banyak perempuan di berbagai belahan dunia untuk mengadopsi gaya yang sama. Dalam kunjungannya ke Canada dan Amerika tahun lalu, setidaknya ada dua gaun lace yang dipakainya. Keduanya merupakan rancangan desainer kelahiran Canada Erdem Moralioglu, satu dalam warna biru navy, dan satu lagi biru laut.

Gaun lace yang terakhir dikenakannya adalah gaun lengan panjang custom-made warna nude dari Alexander McQueen, dengan aksen boat neckline dan ikat pinggang yang makin menonjolkan pinggangnya yang ramping. Topi rancangan Jane Taylor dan clutch dari Prada melengkapi penampilannya di Katedral Santo Paulus, dalam rangkaian acara Diamond Jubilee, awal Juni lalu.

gaun lace

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com