Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidayat: TKI Pahlawan Devisa, Damkar Pahlawan Apa?

Kompas.com - 02/07/2012, 22:07 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hidayat Nur Wahid menilai kebakaran sebagai salah satu momok yang menakutkan warga Jakarta. Karena itu, calon Gubernur DKI Jakarta ini menilai peran pemadam kebakaran sangat penting untuk memberikan jaminan keamanan dan kedamaian hidup warga. Meski demikian, menurut Hidayat, Damkar belum mendapatkan apresiasi yang selayaknya mereka terima.

"Guru ada istilah pahlawan tanpa tanda jasa, kalau TKI pahlawan devisa, lalu, pemadam kebakaran pahlawan apa?" kata Hidayat saat diwawancarai di Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (2/7/2012).

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera ini menilai pekerjaan yang dilakukan petugas damkar terhitung sangat berat. Tanggung jawab yang diemban dan risiko kerja pun terhitung tinggi. Sayangnya hal ini belum dibarengi apresiasi yang layak.

Perhatian kepada mereka harus ditingkatkan. Alat keselamatan harus ditingkatkan, termasuk insentif bagi mereka harus ditingkatkan. Yang terbukti bekerja dengan baik tentu harus diberikan reward," kata Bang Dayat menguraikan perhatian yang perlu diberikan kepada para anggota Satria Biru.

Cagub nomor urut 4 ini tak lupa menyentil kinerja Damkar. Mengutip pernyataan warga, Hidayat menilai petugas damkar kerapkali masih terlambat tiba di lokasi. Walau begitu, ia juga menyebut kendala sumber dan suplai air sebagai salah satu persoalan. Untuk itu, ia meminta pentingnya sistem siaga yang terfokus pada area-area langganan atau rawan kebakaran.

"Dua-duanya (kecepatan dan sumber air) di daerah-daerah yang rawan harus dipastikan maksimal. Harus dipastikan seluruh komponen di sana bekerja satu komando," sebut Hidayat.

Dalam dua hari terakhir terjadi empat peristiwa kebakaran di wilayah Jakarta Pusat saja. Minggu (1/7) sore, kebakaran terjadi di kawasan Rawasari yang menimpa rumah salah seorang relawan Hidayat-Didik. Tak lama berselang, kejadian serupa terjadi Jl. Tanah Rendah 2 RT 11 RW 5, Jatibaru, Tanah Abang. Senin (2/7) dini hari, musibah kebakaran terjadi Jl. Harapan Mulya 4, Kemayoran. Terakhir, Senin siang, kebakaran melanda kawasan Kampung Bali, yang juga menghanguskan rumah salah satu relawan Hidayat-Didik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com