Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dok, Kenapa Saya Takut Berhubungan dan Rendah Diri?

Kompas.com - 05/07/2012, 10:24 WIB

TANYA :

Dokter, saya ingin menanyakan sesuatu. Selama ini, saya sering merasa rendah diri, takut berhubungan dan terlalu akrab dengan orang lain, merasa cemas bila bertemu dengan seseorang. Saya mencoba untuk menutupi dan mengatasinya, namun tetap saja perasaan seperti itu masih ada.  Akibatnya, saya merasa tertekan dan tidak nyaman, konsentrasi menurun dan bahkan menjadi skeptis, sering merasa gelisah dan lebih sering memilih untuk menyendiri. Apakah ini tanda/gejala bahwa saya mengalami suatu gangguan kepribadian tertentu? Lalu, bagaimana cara menyembuhkannya bila memang saya mengalami suatu gangguan kepribadian tertentu? Terima kasih.

(Fadli, 22, Bekasi)

 

JAWAB :

Fadli yang baik,
Perasaan rendah diri, takut berhubungan atau terlalu akrab dengan orang lain ditambah rasa cemas bila bertemu seseorang bisa merupakan suatu gejala dari suatu gangguan kecemasan yang disebut Fobia Sosial. Biasanya orang yang mengalami Fobia Sosial sering merasa tidak nyaman berada pada posisi diperhatikan oleh orang lain atau berhadapan dengan orang yang lebih tinggi derajat atau posisinya (baik dalam keluarga,kekerabatan atau jenjang karier pekerjaan).

Intinya, orang yang mengalami Fobia Sosial merasa cemas dan khawatir berbuat bodoh atau yang tidak pantas di depan umum. Saya sering mendapatkan kasus seperti ini di dalam praktek. Biasanya, pasien mengatakan terhambat dalam pekerjaannya karena sering kali merasa tidak nyaman jika harus presentasi di depan umum atau rapat bersama atasan.

Sayangnya, karena sifatnya yang spesifik maka orang yang mengalami hal ini cenderung untuk menghindari kondisi yang memicu rasa cemasnya, sehingga sering kali tidak terlalu nyata terlihat. Apalagi jika dia beradaptasi dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih menuntut kerja sendiri atau di belakang layar komputer.

Sembuh dari Fobia Sosial adalah dengan cara desensitisasi, artinya orang yang mengalaminya melatih diri agar kondisi yang memicu cemas itu bisa diatasi. Misalnya dengan melatih diri untuk berkomunikasi dengan orang lain secara terus menerus atau melakukan sesuatu di muka umum lebih sering lagi. Obat pada beberapa kasus dibutuhkan jika kecemasannya sangat parah. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com