Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2012, 16:29 WIB

NUSA DUA, KOMPAS.com - PT Askes siap beralih menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bidang kesehatan. Proses transformasi tersebut akan berlangsung tanpa proses likuidasi atau pembubaran (pemecatan karyawan). Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT. Askes, Gede Subawa.

"Kami terus melakukan pembenahan secara internal untuk menyongsong transformasi tersebut. Targetnya akhir tahun ini selesai," kata Gede dalam acara seminar bertajuk 'Jaminan Kesehatan Nasional yang Ditunggu Semua Orang' di Nusa Dua, Bali Kamis (5/7).

Ia menjelaskan, meskipun nantinya akan menjadi sebuah badan negara, BPJS akan tetap dikelola secara profesional dan berorientasi pada kepuasan pelanggan. "Tidak boleh kembali pada birokrasi tapi prinsip korporasi," imbuhnya.

Menurut Gede Subawa, kebanyakan sebuah badan yang bersifat mandatori tidak efisien karena tidak adanya kompetitor. "Kami menciptakan sendiri kompetitor, yakni harapan pelanggan BPJS," katanya.

Saat ini PT Askes memiliki 16,5 juta peserta. Pada tahun 2014 saat Jaminan Kesehatan Nasional sudah diberlakukan, diperkirakan akan terjadi kenaikan peserta menjadi 139 juta yang merupakan tambahan dari peserta Jamkesmas saat ini.

"Seperti halnya Askes, BPJS juga bersifat nirlaba sehingga seluruh sisa hasil usaha akan dipakai sebagai dana cadangan. Sekarang ini PT. Askes mengelola dana Rp 8 triliun pertahun dengan nilai cadangan Rp 6 triliun. Diharapkan dengan BPJS bisa lebih baik sehingga tidak bergantung APBN," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com