Kenapa Emosi Saya Sering Berubah? - Kompas.com

Kenapa Emosi Saya Sering Berubah?

Kompas.com - 06/07/2012, 11:50 WIB

TANYA :

Dok, saya ingin bertanya tentang keadaan emosional yang sering saya alami akhir-akhir ini. Emosi atau perasaan saya seringkali berubah-ubah, yang asalnya senang lalu tiba-tiba menjadi gelisah dan ketakutan dan terkadang hingga marah-marah memberontak tanpa sebab yang pasti. Perasaan ini bermula ketika saya selalu mengalami De Javu, sekitar  empat bulan yang lalu. Bahkan, dulu de javu itu pernah saya alami hingga 5 kali dalam sehari. Namun, de javu itu perlahan menghilang dan sekitar sebulan lalu saya sudah tidak pernah mengalami de javu lagi. Akan tetapi perasaan saya semakin tak terkendali. Perasaan saya sering berubah-ubah. Saya mohon petunjuk dok, agar perasaan saya dapat normal kembali. Terimakasih banyak.

(M Azwar Aziz, 19, Padang)

JAWAB :

Aziz yang baik,

Usia Aziz masih muda. Apa yang Aziz alami bisa saja merupakan dari proses kematangan kepribadian yang belum stabil benar. Hal ini bisa terjadi pada remaja yang memasuki masa dewasa muda.

Selain itu agresivitas yang dialami Aziz juga bisa karena faktor psikologis dan lingkungan yang mempengaruhi cara adaptasi Aziz sendiri. Untuk itu, biasanya psikiater akan menanyakan pola asuh keluarga dan kondisi perilaku emosional di dalam keluarga.

Ada beberapa orang dengan gangguan kepribadian ambang dapat mengalami hal yang seperti Aziz alami. Jangan lupa juga kemungkinan diagnosis bipolar yang biasanya terdapat pada pasien yang mengalami kondisi mood atau suasana perasaan yang berubah-ubah.

Saya berharap Aziz bisa segera berkonsultasi dengan psikiater di daerah dekat dengan Azis tinggal. Hal ini tentunya untuk mendapatkan konfirmasi gejala apa yang dialami Aziz. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa

 

EditorAsep Candra
Close Ads X