Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramuan Teh Jahe dan Madu untuk Ibu Menyusui

Kompas.com - 06/07/2012, 16:48 WIB

KOMPAS.com - Selama masa menyusui, seorang ibu harus menjaga betul segala makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini karena apa yang mereka konsumsi akan disalurkan kepada bayi melalui perantara air susu ibu (ASI).

Sebagian orang mengklaim bahwa sajian teh yang dicampur jahe dan madu merupakan pilihan terbaik dan aman untuk ibu menyusui. Namun pertanyaannya, benarkah anggapan itu? Untuk mengetahuinya kebenarannya, berikut adalah ulasannya :

1. Manfaat

Teh yang dibuat dengan campuran jahe dan madu memberikan efek menenangkan dan membantu ibu dari gejala kedinginan ketika menyusui. Banyak dokter menyarankan menghindari obat saat menyusui karena mungkin memiliki efek samping negatif bagi bayi. Jahe mungkin efektif untuk menghilangkan masalah pernapasan dan batuk. Sementara madu berkhasiat menenangkan sakit tenggorokan dan membantu meredakan batuk. Hal ini tentu memberikan alternatif yang lebih baik dan aman untuk Anda dan bayi dalam banyak kasus. Bahkan, jahe dipercaya dapat secara efektif melancarkan aliran ASI, yang turut membantu keberhasilan menyusui.

2. Cara penyajian

Membuat teh dari madu dan jahe sangat mudah dan bisa dilakukan dirumah. Pertama-tama, potong jahe sepanjang 2 sampai 3 inci, lalu siapkan madu dan lemon. Panaskan air sampai mendidih. Kemudian iris jahe tipis-tipis, lalu masukan irisan jahe ke air yang sudah mendidih dan biarkan mendidih dengan api kecil selama 20 sampai 30 menit. Saring air jahe yang tadi sudah dipanaskan. Setalah dituang ke cangkir, dengan dicampur teh dan tambahkan jus lemon serta madu secukupnya.

3. Keamanan

Sayangnya, sampai saat ini masih sedikit penelitian yang menguji tentang keamanan jahe untuk ibu menyusui. Saran mengenai penggunaannya pun bervariasi antara dokter atau profesional medis yang satu dengan lainnya. Sebagai contoh, MedlinePlus menganjurkan ibu menyusui untuk menghindari minuman ini, tetapi situs Baby Center justru mengklaim minuman ini aman jika digunakan dalam dosis yang moderat. Jadi untuk amannya, konsultasikan hal ini dengan dokter Anda untuk mengetahui berapa dosis yang dibutuhkan saat sedang menyusui.

4. Pertimbangan

US Food and Drug Administration (FDA) mengklaim konsumsi jahe cenderung aman bagi ibu menyusui, namun mungkin tidak semua orang cocok. Jika Anda mengonsumsi obat-obat tertentu seperti untuk diabetes, tekanan darah, penyakit pembekuan darah atau jantung, jahe dapat mengganggu efektivitasnya.

Terkadang, makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat menyusui dapat menyebabkan reaksi pada bayi. Jika Anda melihat bayi mengalami ruam, rewel atau diare segera setelah menyusui, bayi Anda mungkin sensitif terhadap madu atau jahe. Madu biasanya aman saat menyusui, tetapi Matius Beshara, MD, asisten profesor klinis di Departemen Obstetri dan Ginekologi dari University of Pennsylvania, merekomendasikan untuk memilih madu yang sudah di pasteurisasi karena lebih mungkin tidak terkontaminasi dengan bakteri yang bisa membuat Anda atau bayi Anda sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com