Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2012, 11:42 WIB

TANYA :

Prof, usia suami saya sudah  60 tahun tetapi dia masih bergairah dan nafsu banget untuk melakukan hubungan intim.  Sedangkan  usia saya 55 tahun, sudah tidak terlalu nafsu dan sudah capek untuk melayaninya. Pasalnya dalam satu minggu, saya bisa dua sampai tiga kali untuk melayani hubungan seks dengannya.  Bagaimana solusinya Prof, adakah cara supaya gairah suami saya bisa berkurang, atau apakah ada masalah dengan diri saya ?

 

(Evi, 55, Jakarta)

 

JAWAB :

Tentu akan harmonis kalau hubungan seksual dilakukan karena keinginan bersama untuk kepuasan bersama. Sebaliknya, tentu tidak harmonis kalau hubungan seksual dilakukan hanya karena memenuhi keinginan suami sementara diri sendiri merasa tidak nyaman atau bahkan menderita.

Kalau suami Anda tetap bergairah, bersyukurlah, karena orang yang Anda sayangi dalam keadaan sehat. Jadi biarkan dia dalam keadaan sehat. bukan justru dibuat tidak sehat. Tetapi kalau Anda merasa tidak dapat mengimbanginya. saya sarankan Anda mendapat pengobatan.

Mengapa mesti mendapat pengobatan? Karena pada usia Anda, pada umumnya sudah terjadi menopause karena hormon seks sudah jauh berkurang. Akibatnya muncul berbagai keluhan, termasuk masalah seksual.

Dengan mendapat pengobatan maka kualitas hidup Anda menjadi lebih baik, termasuk kehidupan seksual Anda. Saya sarankan Anda mendapat pemeriksaan yang benar, dan selanjutnya mendapat pengobatan yang tepat.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com