Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2012, 13:18 WIB

KOMPAS.com - Dampak dari serangan stroke umumnya akan berakhir pada kelumpuhan atau kecacatan. Oleh karena itu, pasien stroke perlu menjalani proses rehabilitasi dan terapi agar dapat secepat mungkin mengembalikan fungsi tubuhnya.

Salah satu jenis terapi baru yang kini dianjurkan para ahli adalah lewat permainan game Nintendo Wii. Permainan ini menuntut seseorang untuk terus bergerak aktif dengan menggunakan sensor gerak.

Dr Penelope McNulty, seorang neurofisiologi di Neuroscience Research Australia, mengatakan Nintendo Wii merupakan alat rehabilitasi yang efektif bagi pasien stroke. Rencananya, ia akan mempresentasikan hasil temuannya pada konferensi internasional Society of Elektrofisiologi and Kinesiology di Brisbane pada tanggal 20 Juli 2012.

Menurut McNulty, melakukan latihan intensif menggunakan Wii selama dua minggu dapat menghasilkan perbaikan yang signifikan bagi pasien stroke dalam menggunakan anggota badan mereka, bahkan untuk orang yang sudah menderita stroke selama bertahun-tahun.

Setiap tahunnya, ada lebih dari 60.000 pasien stroke di Australia.  Karenanya kebutuhan akan metode rehabilitasi menjadi penting karena inilah satu-satunya metode yang diketahui mampu mengembalikan fungsi anggota badan yang terserang stroke.

"Game ini murah, mudah digunakan dan yang terpenting adalah menyenangkan. Jenis rehabilitasi ini memotivasi peserta untuk benar-benar menyelesaikan terapi mereka, yang sangat penting untuk membantu proses pemulihan," kata Dr McNulty.

"Semua pasien mengalami perbaikan tidak hanya ketika menggunakan Wii, tetapi dalam kegiatan yang mereka lakukan setiap hari, seperti membuka pintu atau menggunakan garpu," jelasnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com