Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2012, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Berjilbab bukalah halangan untuk tampil memesona dan melakukan pencapaian-pencapaian dalam hidupnya. Hal ini dibuktikan oleh Dika Restiyani, yang terpilih sebagai Muslimah Beauty tahun lalu. Tahun ini, ajang pencarian perempuan muslimah yang inspiratif kembali digelar, bahkan lingkup persaingannya diperluas ke tingkat dunia, yaitu melalui event World Muslimah Beauty (Duta Muslimah Sejagad).

"Ajang ini merupakan sarana untuk memilih sosok muslimah yang paling ideal untuk merepresentasikan eksistensi perempuan muslim, dari penampilan, kecerdasan, perilaku, kerohanian, serta komitmennya dalam berhijab," ungkap Rofi Eka Shanty, Founder dan Presiden Muslimah Beauty Foundation, saat pembukaan Muslim Fashion, Food and Family Expo (MF3XPO) di Central Park, Jakarta Barat, Kamis (26/7/2012) lalu.

Sedikit berbeda dengan tahun lalu, kontes ini juga diikuti oleh beberapa negara seperti Australia, Jerman, London, dan Mesir. Hingga saat ini, World Muslimah Beauty sudah menjaring sekitar 300 muslimah yang akan berkompetisi untuk memperebutkan gelar sebagai duta Indonesia dalam World Muslimah Beauty 2012.

Setelah melalui proses pemilihan dan penjurian yang ketat oleh Nanang Qosim Yusuf (master trainer dan ketua dewan juri), Tri Endi (LP3I), Liana Trisnawati (Himpunan Perempuan Pengusaha dan Profesi Indonesia), Caroline Septerita (profesional make-up artist Wardah Cosmetics), Okke Gania (fotografer), terpilihlah 100 orang muslimah dalam babak semifinal nasional. Para semifinalis bisa dilihat di worldmuslimahbeauty.com.

Diakui para juri, penilaian terbesar para kontestan didasarkan pada nilai kehidupan, usia, berat badan, prestasi, penampilan, dan potensi diri sebagai calon duta muslimah. Selain itu, faktor penilaian utamanya terletak pada "3S" yaitu smart, stylish, dan solehah. Untuk penilaian babak selanjutnya, 100 semifinalis ini harus mengirimkan video profil mereka yang berisi aktivitas terbaru, bakat, hobi, prestasi, dan kemampuan membaca Al Quran, yaitu surat Al Hujurat ayat 13-14. Proses penjurian akan dilakukan secara online, sehingga para kontestan diharuskan memiliki keterampilan teknologi.

Diharapkan, duta muslimah ini akan menjalankan tugas seperti mengembangkan karakter muslimah ideal, melestarikan seni budaya Islam, meningkatkan pengetahuan dan pendidikan ekonomi Islam untuk perempuan, membantu pembinaan kewirausahaan kreatif yang beretika, dan memberikan pengetahuan seputar gaya hidup Islami.

Bazaar Ramadhan
Sebagai rangkaian dari event World Muslimah Beauty 2012, Muslimah Beauty Foundation menggelar Muslim Fashion, Food and Family Expo (MF3XPO). "Expo ini dihadirkan sebagai salah satu rangkaian kegiatan jelang World Muslimah Beauty, sebagai bentuk dukungan terhadap kekayaan dan kreativitas muslim yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai bagian dari gaya hidup modern," ungkap Rofi.

Dalam expo ini dihadirkan berbagai tenant busana muslim dari desainer muslim terkenal seperti Mumtaaz by Lia Afif, Malik Moestaram, Nunik Mawardi, Kami Idea, Ihaqi, sampai Adhy Ali. "Berbagai desain busana muslim yang modis ditampilkan, menunjukkan bahwa sosok perempuan muslim juga bisa tampil gaya dan trendi dalam balutan syariat Islam yang santun. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia pantas untuk menjadi kiblat tren busana muslim dunia," ungkap Edy Putra Irawady, deputi Menko bidang Industri dan Perdagangan.

Ia menambahkan bahwa event ini juga bisa mengangkat citra muslimah Indonesia serta pergerakan sektor pendukung industri muslim lainnya. Expo bertema 'Unity in Diversity' ini akan berlangsung mulai tanggal 26 Juli-26 September 2012 di Central Park, dan menghadirkan berbagai kegiatan seperti Ramadhan muslim fashion trend, make-up and hijab tutorial, aneka permainan untuk anak dan keluarga, demo masak, ngaji bareng ustadz, kilau Ramadhan Kompas, sampai festival kuliner Ramadhan di Tribeca Park, Central Park, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com