Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Sail Morotai, 2.500 Anjing Divaksinasi

Kompas.com - 07/08/2012, 04:57 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com — Pemerintah bakal memberikan vaksinasi terhadap sekira 2.500 anjing di Maluku Utara. Hal ini dilakukan dalam rangkaian persiapan menjelang pelaksanaan Sail Morotai, demi menghindari penyebaran penyakit rabies kepada para tamu.

Deputi Kementerian Bidang Kesejahteraan Rakyat Emil Agustiono memastikan rencana itu beberapa waktu lalu di Morotai. Ia mengatakan, persiapan pelaksanaan Sail Morotai khususnya di bidang kesehatan sudah matang. Hanya, Provinsi Maluku Utara dan khususnya di Morotai merupakan daerah endemis penyakit malaria, termasuk juga ditemukan adanya penyebaran penyakit rabies.

"Dari Kementerian Pertanian mereka sudah siap untuk memberikan vaksinasi pada anjing. Untuk malaria, Kementerian Kesehatan juga sudah siap untuk mengantisipasinya karena di Tobelo (Halmahera Utara) sudah ada Malaria Center yang akan siap mengantisipasinya," ungkap Emil.

Pemberian vaksin untuk anjing dilakukan oleh Kementerian Pertanian serta dinas pertanian dan peternakan di daerah. Husein Kausaha, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, mengatakan bahwa pihaknya hanya menangani kasusnya saja alias penderita penyakit rabies sehingga dinas pertanian dan peternakan punya kewenangan untuk memberikan vaksinasi kepada hewan.

"Awalnya saya usulkan anjing-anjing liar itu dieliminasi saja, tapi tidak ada persetujuan. Dinas pertanian menyebutkan di Maluku Utara ada 2.500 anjing, sedangkan vaksin anti-rabies yang tersedia sebanyak 3.500. Ini berarti ada kelebihan vaksin, dan dinas pertanian sudah mulai melakukan vaksinasi," urai Kausaha.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com