Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

THR Keluar, Warga Jakarta Bersiaplah Macet di Akhir Pekan

Kompas.com - 07/08/2012, 08:10 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri, kebutuhan masyarakat kian meningkat. Terlebih dengan adanya uang tunjangan hari raya (THR) yang membuat transaksi jual beli di sejumlah pusat perbelanjaan meningkat drastis. Untuk akhir pekan ini, warga diprediksi tetap memenuhi pusat perbelanjaan sehingga akan membuat kemacetan lalu lintas di areal sekitarnya.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas, Selasa (7/8/2012), saat dihubungi wartawan. Menurut Sigit, puncak kemacetan arus lalu lintas di sekitar pusat perbelanjaan sebenarnya mencapai puncaknya pada 4-5 Agustus 2012.

"Di tanggal 4-5 Agutus itu, hampir seluruh jalanan Ibu Kota dipenuhi kendaraan pribadi. Sasarannya adalah Pusat Grosir Tanah Abang, Pasar Cipulir, mal yang ada di Bundaran HI, dan Mal Pondok Indah," ujar Sigit.

Namun, ia menilai kepadatan akan tetap terjadi pada akhir pekan ini tanggal 11-12 Agustus 2012. Pasalnya, masih banyak warga yang tidak mudik dan memilih belanja kebutuhan di hari-hari terakhir puasa. Untuk itu, ratusan polisi lalu lintas disiagakan di sekitar pusat perbelanjaan.

"Penempatan petugas dilakukan di jalan utama karena kebanyakan masyarakat tidak mau untuk dialihkan jalannya ke tempat yang lebih lancar. Mereka memilih jalan utama tempat perbelanjaan guna mempercepat sampai tujuan," tutur Sigit.

Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, daftar pusat perbelanjaan atau mal yang selalu menjadi biang macet karena lokasinya berdekatan dengan jalan raya atau terletak di persimpangan jalan adalah Plasa Semanggi, Cibubur Junction, Citos, Mal Taman Anggrek, Tamini Square, Mal Ciputra, Atrium Plaza, ITC Mangga Dua, Blok M Plaza, Pasaraya Manggarai, Ramayana Kramatjati, Mal Ambasador, Slipi Jaya, ITC Roxy Mas, Grand Indonesia, Central Park, FX Plaza, dan ITC Mangga Dua.

Selain itu, titik kemacetan akibat pusat perbelanjaan juga terjadi di Pasar Pagi Mangga Dua, Mal Kelapa Gading, Mal Sunter, Kelapa Gading Trade Center, Pluit Village, WTC Mangga Dua, Mal Artha Gading, Sports Mall Kelapa Gading, Mall of Indonesia, Emporium Pluit Mall, La piaza, Koja Trade Mall, Pusat Perbelanjaan Blok A Tanah Abang, ITC Cempaka Putih, Gandaria City, dan Pejaten Village.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com