Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2012, 09:09 WIB

TANYA :

Dok, saya terkadang memiliki imajinasi yang berlebihan. Saya seolah-olah merasa sebagai adik seorang menteri atau pejabat dan lain-lain. Hal itu kerap muncul ketika misalnya saya sedikit tersisisih dalam pekerjaan. Saya merasa ini merupakan 'hiburan jiwa' sementara yang lagi kesal.  Bagaimana dok untuk menghindari perasaan ini? Terima kasih atas jawabannya.

(E. Shobirin, 46, Bandung)

JAWAB :

Pak Shobirin yang baik,

Lari dari kenyataan adalah salah satu mekanisme pertahanan jiwa dalam menghadapi stres. Orang bisa lari dari kenyataan dengan berbagai cara, paling sering dilakukan misalnya dengan mabuk-mabukan dengan minuman beralkohol. Memang bisa lupa namun hanya sesaat.

Dalam kehidupan yang penuh stres memang terkadang "pelarian" sejenak dari situasi itu sungguh bisa membuat perbaikan walaupun kadang tidak lama. Apa yang dilakukan bapak selama masih disadari sebagai bagian dari usaha memberikan kenyamanan buat mental masih bisa ditolerir. Terbukti bapak bertanya tentang hal itu yang artinya bapak masih sadar bahwa hal ini sebaiknya memang tidak dilakukan.

Ada cara-cara yang lebih dewasa untuk mengatasi tekanan dalam hidup. Membuat humor, berolahraga dan menekuni hobi adalah salah satu di antaranya.
Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com