Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2012, 10:13 WIB

TANYA :

Dokter, apakah metode atau terapi pengobatan untuk menghilangkan atau mengatasi mendengkur, baik metode tradisional atau pun kedokteran modern? Terimakasih atas jawabannya..

(Saiful Ridwan, 35 Majalengka)


JAWAB :

Bapak Saiful, untuk mengatasi masalah mendengkur kami hanya bisa menjawab dari sisi medis saja.  Jika mendengkurnya ringan, maka terapi yang harus dilakukan hanya dengan memperbaiki pola hidup seperti menurunkan berat badan, melakukan olah raga yang teratur, jangan makan yang berat minimal 2 jam sebelum tidur, jangan meminum kopi ataupun softdrink dan memperbaiki posisi tidur yang biasanya terlentang menjadi miring.  

Namun jika mendengkurnya termasuk sedang atau berat ada beberapa terapi yaitu :

1.     Pemakaian CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) yaitu diberikan udara dengan tekanan tertentu melalui masker, metode ini merupakan metode yang paling disarankan saat ini karena tidak menyakitkan dan lebih efektif mengatasi Obstructive Sleep Apnea (OSA) termasuk mendengkur.

2.     Melakukan operasi seperti tonsilektomi bila memang diperlukan dan ada indikasinya.

Jika Bapak ingin mengetahui lebih lanjut penyebab dan jenis mendengkur tersebut, sebaiknya Bapak segera melakukan konsultasi dan pemantauan kondisi tidur di Sleep Clinic. Semoga menjawab..


Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja
Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com