Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monumen Trikora di Morotai Hampir Selesai

Kompas.com - 12/08/2012, 15:45 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Monumen Trikora yang dibangun di Desa Wawama, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara hampir selesai dibangun.

Lima buah patung tokoh Tentara Nasional Indonesia kini mulai dipasang. Rencananya, monumen ini bakal diresmikan Presiden RI pada saat pelaksanaan Sail Morotai bulan depan.

Pantauan di lokasi, lima buah patung tentara bergaya sedang berperang sudah ada di lokasi pekerjaan. Bahkan hingga Minggu (12/8/2012), tiga dua buah patung di antaranya sudah dipasang di atas monumen setinggi 4 meter tersebut.

"Paling hari ini juga semua patung sudah bisa kita naikkan," ungkap Rifai, seorang pekerja saat ditemui di lokasi pekerjaan. Itu artinya, Senin pagi besok semua patung sudah bisa berdiri kokoh di atas monumen yang letaknya di pinggir pantai Wawama.

Bupati Pulau Morotai Drs Rusli Sibua mengatakan, pembangunan monumen Trikora di Morotai untuk mengenang sejarah perjuangan tentara Indonesia dalam peristiwa pembebasan Irian Barat dalam operasi Trikora.

Di Pulau Morotai terdapat peninggalan tentara sekutu pasca-Perang Dunia II yang digunakan tentara Indonesia untuk membebaskan Irian Barat. Dari Morotai, tentara Indonesia membangun kekuatannya untuk membebaskan Iran Barat.

"Inilah Morotai, dulu merupakan tempat strategis dalam berbagai peristiwa baik itu Perang Dunia II maupun pembebasan Irian Barat. Sehingga monumen ini diharapkan mengembalikan kejayaan Morotai pada masa dulu," jelas Rusli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com