Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2012, 10:40 WIB
KOMPAS.com - Perempuan yang menggunakan kacamata perlu lebih jeli memerhatikan penampilan. Pasalnya, kacamata yang dipakai untuk membantu penglihatan, perlu diperhitungkan sebagai aksesori sehingga keseluruhan penampilan dapat lebih seimbang. Tak hanya make up yang perlu disesuaikan bagi perempuan berkacamata, pemakaian hijab pun perlu di perhatikan.

Siti Juwariyah, Hijab Fashion Blogger punya kiat berhijab untuk Anda yang berkacamata. Menurutnya, asalkan percaya diri dan merasa nyaman, tak ada batasan bagi perempuan berkacamata untuk memakai berbagai motif hijab juga pemilihan warna. Namun, ada hal yang tetap butuh diperhatikan, terutama dalam pemilihan bahan dan model hijab.

"Kacamata tidak mengganggu pemakaian hijab. Pilihan warna hijab pun bisa apa saja sesuai selera. Penggunaan motif, aturannya sama seperti pada umumnya. Misal kalau bajunya sudah bermotif besar, pilih hijab dengan motif ukuran lebih kecil. Yang penting tidak memberikan kesan berat atau berlebihan di daerah wajah dan kepala, karena kacamata sendiri sudah seperti aksesori," jelasnya kepada Kompas Female di sela kegiatan kelas kecantikan bertajuk Beautifully You with Sariayu dan komunitas Hijab Ayu, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk gaya berkerudung, Siti menyarankan sebaiknya pengguna kacamata memakai hijab yang tidak menonjol ke depan. Selain menganggu pandangan, gaya hijab yang terlalu menonjol ke bagian depan wajah memberi kesan lebih berat. Jadi, pakai hijab yang melekat di wajah.

Pakai hijab dengan gaya simpel, karena sudah ada kacamata yang menonjolkan penampilan di area wajah. Penggunaan aksesori seperti bros juga perlu diperhatikan. Sebaiknya pilih ukuran kecil dan dipakai di area dada atau pundak, bukan di kepala.

Pemilihan bahan juga sebaiknya diperhatikan. Bagi Anda yang menyukai gaya praktis dan tidak terlalu suka merapikan hijab terus menerus, pilih bahan kaos yang mudah diatur. Bagi Anda yang cenderung telaten merapikan kerudung setiap kali terasa mulai berantakan, Anda boleh pilih kerudung dari bahan yang cenderung licin seperti chiffon.

Menurut Siti, Anda bisa berkreasi dengan ragam gaya hijab. Kuncinya, sering berlatih. "Lakukan latihan 2-3 kali untuk setiap gaya yang dikreasikan sendiri, lama-lama akan terbiasa dan tidak akan lupa cara mengaplikasikan gaya baru berhijab kreasi sendiri," tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com