Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2012, 08:53 WIB

KOMPAS.com - Untuk memperbaiki suasana hati yang muram karena pasien menderita depresi, dokter biasana meresepkan obat dengan kandungan asam valproik. Rupanya kandungan obat untuk mengatasi depresi ini bisa ditemukan pada bahan makanan alami, yakni coklat, buah berries, dan teh.

Penemuan ini merupakan hasil sebuah riset dipimpin oleh Karina Martinez-Mayorga, PhD yang dilakukan di Institut Torrey Pines dan di Universitas Otonomi Nasional Meksiko. Dalam riset tersebut, tim menemukan molekul pada coklat, buah dan berbagai makanan kaya omega 3 asam lemak bertindak sebagai peningkat mood.

"Dari penelitian, terbukti coklat, blueberry, raspberry, stroberi dan teh bisa menjadi menstabilkan mood atau suasana hati," ujarnya.

Martinez - Mayorga mengatakan, para ahli tengah mengembangkan temuan ini untuk diolah menjadi obat untuk menjaga kesehatan kognitif, meningkatkan kewaspadaan mental serta menunda terjadinya kehilangan ingatan. Temuan penelitian ini akan dibandingkan asam valproik, untuk dianalis sejauh apa mampu mempengaruhi suasana hati penderita depresi.

Ia berharap temuan ini menjadi rekomendasi baru atau suplemen gizi dengan resiko efek sampingnya lebih sedikit. Namun, patut diingat bahwa temuan ini tidak bisa diartikan sebagai pengganti obat-obat anti depresi. Untuk mereka yang tidak meminu obat anti depresi, gaya hidup sehat sudah terbukti meningkatkan mood.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com