Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2012, 19:14 WIB

KOMPAS.com - Pernah memulai diet dengan semangat baja, setelah beberapa hari Anda kehilangan motivasi. Jangan sedih, anda tidak sendirian. Penelitian menunjukkan bahwa seperempat orang menyerah pada program dietnya setelah dua minggu. Padahal bila bertahan dalam waktu 30 hari peluang Anda untuk sukses menjalani program diet justru meningkat.

"Melakukan sesuatu secara rutin dalam waktu 30 hari memperkuat saraf otak, sehingga Anda cenderung menjaga perilaku baru tersebut," kata Lawrence Perlmuter, PhD., seorang profesor psikologi dari Rosalind Franklin University of Medicine and Science, North Chicago, AS. Nah, ingin tetap setia dalam jalur diet ada hal yang perlu Anda perhatikan:

Mulai dari hal kecil
Jika Anda diet dengan merubah total gaya makan Anda justru akan membuat Anda gampang menyerah. Mulailah dari perubahan - perubahan kecil. Misalnya, dengan membiasakan mengasup buah saat sarapan, berjalan-jalan setelah makan siang, atau mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit. Setelah Anda menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru, maka akan lebih mudah untuk menambahkan program lainnya atau olah raga misalnya pada bulan berikutnya.

Hindari godaan
Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam  Psychology & Health menunjukkan bahwa orang memiliki jumlah terbatas kontrol diri dan bisa menipis seperti saldo rekening bank. Untuk menjaga sumber kekuatan batin selama minggu pertama sebaiknya hindari situasi yang dekat dengan godaan. Rencanakan untuk makan malam di rumah, bukan di restoran atau tidak berjalan lewat tukang gorengan depan kantor Anda.

Ubah gaya bicara
"Mengatakan Anda "harus" melakukan sesuatu, seperti saya harus olahraga atau saya harus berhenti mengudap, segera menyiratkan bahwa Anda merasa kegiatan ini adalah beban," pendapat Michael Sachs, PhD, seorang profesor di bidang psikologi olahraga dari Temple University, Philadelphia, AS. Sebaliknya, ganti kata "harus" dengan kata "ingin". Contoh: "Hari ini saya ingin minum air putih saja sebagai ganti soda."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com