Curiga Anak Diberi Obat Tidur oleh Pengasuh - Kompas.com

Curiga Anak Diberi Obat Tidur oleh Pengasuh

Kompas.com - 31/08/2012, 09:06 WIB


TANYA:
 
Ass Wr Wb,  dok saya mau tanya, ciri-ciri anak yg diberi obat tidur itu apa saja ya dok. Saya menemui kejanggalan pada anak saya. Ketika di rumah bersama saya atau ibunya saya dia tidak pernah mau tidur siang, tetapi kenapa tiap aku titipin ke pengasuhnya dia bisa tidur smpe 3 jam bahkan bisa sehari 2 kali.
Akhir-akhir ini anak saya juga gampang marah dan cengeng, pokoknya tempramennya bedah jauh. Saya pernah baca artikel bisa terjadi perubahan tempramen karena dia sering terkena obat kimia. Terimakasih dok atas infonya.
 
Nuri (24), Malang

JAWAB:

Sebenarnya pada penggunaan obat yang memiliki efek samping mengantuk yang dikonsumsi dalam jumlah kecil dan penggunaan jangka pendek tidak akan tampak ciri-ciri khusus pada seorang anak. Efek obat akan terlihat pada beberapa waktu (biasanya dalam hitungan jam) setelah dikonsumsi.

Sayangnya Ibu tidak memberikan informasi apakah Ibu bekerja di luar rumah setiap hari sehingga sehari-harinya si kecil selalu bersama pengasuhnya? Bagaimana asupan nutrisinya selama ini, apakah sudah mencukupi? Apakah hubungan keterikatan (bonding) Ibu dengan si kecil cukup baik selama ini? Karena seringkali bila faktor-faktor tersebut relatif kurang optimal terpenuhi, maka perilakunya mungkin berbeda saat ia bersama Ibu dibandingkan dengan saat ia bersama pengasuhnya.

Seorang anak relatif akan lebih "menurut" (termasuk ritual tidur setiap hari) kepada orang yang membuatnya merasa nyaman dan terpenuhi rasa aman secara psikologisnya.

Pada orangtua yang bekerja, problema ini seringkali terjadi, anak akan "terkesan" bandel, pemarah dan tidak menurut. Perilaku itu lebih mencerminkan sikapnya yang ingin mendapatkan perhatian lebih setelah seharian ia ditinggal bekerja oleh kedua orangtuanya.

 

EditorLusia Kus Anna
Close Ads X